Produktif Menulis , Bagaimana Caranya?

Menulis produktif adalah menulis atau menghasilkan karya tulisan secara berkelanjutan. Baik itu harian, mingguan atau bulanan. Tapi kalau yang namanya produktif ya, biasanya tiap hari. Nah yang jadi kendala, bagaimana agar kita dapat menulis dengan produktif tersebut?



Menulis produktif memang tidak mudah, terkadang kita merasa kehabisan ide, tidak ada inspirasi, atau bingung untuk memulai tulisan. Itu adalah hal yang wajar.

Namun untuk yang pingin menulis produktif langkah berikut bisa dicoba:


  • Belajar menulis dari tulisan jurnal. Menulis apa yang terjadi dalam keseharian. Bagi yang belum terbiasa kadang terasa aneh. Namun sangat bermanfaat lho.
  • Rajin membaca. Membaca dalam arti luas. Bisa membaca dari buku, membaca dari keadaan sekitar, membaca lingkungan, dst.
  • Menulis dengan apa adanya. Kadang saat memulai menulis , kita sulit untuk memulai karena kita takut salah, ingin langsung memiliki tulisan yang bagus. Dampaknya kita akan lebih sering menghapus, mengulang bahkan diam ditempat untuk ide tulisannya.
  • Jika mendapat ide, segera ditulis dalam catatan. Kadang ide atau inspirasi lewat disaat tak terduga, tiba-tiba. Disaat ide muncul segera tulis poin utama dari tulisan, nanti diwaktu lain bisa dikembangkan.
  • Bergaul dengan penulis produktif. Tentu ini sangat membantu, kita bisa enaknya tips dan trik dari mereka kok bisa konsisten menulis dan kualitas tulisan semakin membagus.
  • Belajar teori menulis produktif. Seperti sekolah atau kuliah tentu teori sebelum praktik sangat membantu. Setelah tau teori tentunya harus dipraktikkan. Di toko buku banyak buku yang membahas hal ini.
Banyak sarana yang bisa kita manfaatkan untuk menyalurkan karya tulisan kita. Bisa lewat blog seperti ini, website, majalah, dll. Namun jika ingin tulisan bersifat pribadi bisa buat jurnal dalam buku tulis, handphone atau laptop pribadi. Dengan sering berlatih, tentu akan semakin terasah.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)