Wednesday, January 17, 2018

Mengenal Diabetes

Kebanyakan kita sering mendengar penyakit diabetes. Diabetes di kenal juga dengan penyakit gula darah atau kencing manis. Sebenernya apa sih penyakit ini? Apa betul karena kebanyakan makan gula?
Yuk disimak....

Secara umum diabetes dapat diartikan sebagai penyakit yang di akibatkan kadar gula darah yang tinggi, bisa di akibatkan karena hormon insulin pada tubuh kurang.

Nah lho? Hormon insulin itu apa? Hormon insulin adalah hormon yang di produksi oleh pankreas yang fungsinya untuk mengatur kadar gula dalam darah, dengan menjadikan glukosa sebagai cadangan di dalam hati (moga nggak salah/ dikoreksi ya kalau salah). Hormon yang berfungsi sebaliknya dinamakan glukagon, yang berfungsi untuk melepaskan glukosa cadangan dalam hati ke peredaran darah.

Wah, tubuh kita punya sistem yang sangat sempurna ya untuk menjaga keseimbangan tubuh, khususnya untuk keseimbangan gula darah.

Kebanyakan penyakit diabetes disebabkan oleh pola hidup yang salah dan tak sehat. Walau ada juga sih pengaruh keturunan.

Jika diamati penyakit diabetes lagi semarak di zaman modern ini. Makanan banyak yang cepat saji, makanan yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Jadi banyak lho, anak muda yang sudah terkena diabetes. Beda kalau zaman dulu, makanan selain alami, juga mereka selalu banyak beraktifitas, jadi energinya / kalori nya benar-benar digunakan, tidak menumpuk yang mengakibatkan obesitas.

Secara sederhana untuk pola makan kita usahakan memilih makanan berupa kaya serat dan kandungan glukosanya tidak cepat membuat gula darah meningkat dengan cepat. Bisa berupa sayuran, buah-buahan. Katanya nasi merupakan makanan yang cepat membuat gula darah naik, karena nasi memiliki kandungan gula yang mudah di olah tubuh. Kita pun sering merasakan, habis makan kadang terasa mengantuk, terasa lelah dan ingin istirahat, ada kemungkinan tuh, kadar gula darah kita meningkat drastis.

Orang yang sudah mengalami diamlbetes tingkat lanjut biasanya membutuhkan suntikan hormon insulin dari luar. Dikarenakan tubuh kekurangan bahkan tidak memproduksi hormon insulin ini. Fungsinya untuk menjaga kadar gula darah tidak tinggi. Tapi jika kebanyakan insulin juga berbahaya bisa menyebabkan "hipotesis" atau hipoglikemia yang berarti kadar gula darah rendah. Ini juga berbahaya. Terlihat merepotkan dan serba salah memang. Mungkin agama-agama ada teman, saudara atau keluarga yang terkena diabetes akut, tentu mengetahui perlu ketelatenan untuk menjaga kadar gula agar terkendali.

Yang masih muda dan merasa sehat kita harus jaga pola hidup, pola makan yang sehat. Jangan sampai masih muda sudah terkena diabetes. Tapi yang sudah terkena ya, harus telaten dan memperbaiki pola hidupnya.



Banyak referensi untuk menangani diabetes ini, bisa di internet atau buku. Penulis mendapat banyak refrensi dari buku berjudul "Bersahabat dengan Diabetes tipe 1" karya Dr. Charles fox |Dr. Anne Kilvert. Yang di terbitkan penerbit penebar plus+. Buku ini berisi tanya jawab yang praktis mengenai penyakit diabetes.

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru