Mengatasi Gejala Tipes

Bismillahirrahmanirrahim

Tipes adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan yang di sebabkan bakteri. Biasanya gejala awalnya berupa demam, perut mual, kepala pusing, dan terasa lelah. Tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman beraktifitas. Kalau kita peka terhadap gejala penyakit yang dialami tubuh, tentu kita akan lebih mudah menetralisir/mengurangi dampak yang lebih buruk.

Biasanya gejala tipes memiliki gejala yang mirip dengan gejala mag. Hanya belum masuk ke tahap yang lebih parah.


Sebelum masuk ke bagian langkah mengantisipasi ada baiknya kita mengetahui penyebab yang dapat menimbulkan gejala tipes/tifus ini. Diantaranya:

  • Makan tidak teratur, biasa karena kesibukan dan tidak telaten menjaga pola makan.
  • Makan makanan yang pedas. Kemungkinan sambal yang kelewat pedas mengiritasi saluran usus yang menyebabkan luka.
  • Makanan tidak higienis. Makanan yang terkontaminasi, atau makan dengan tangan yang kotor bisa menjadi penyebab bakteri jahat masuk ke sistem pencernaan yang berdampak buruk.
  • Terlalu lelah atau memforsir diri. Lelah disini bisa secara fisik maupun psikologis. Yang terlalu lelah memforsir diri saat bekerja atau mungkin sedang tertekan dan stress dapat memicu kelainan pada pencernaan.
  • Kurang istirahat. Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah sarana yang sangat baik untuk proses pemulihan diri. Jika kita kurang istirahat tentu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara umum.
Beberpa penyebab sudah di identifikasi, selanjutnya langkah yang bisa kita lakukan untuk proses pemulihan. Diantaranya:
  • Konsultasi dengan dokter. Ini langkah awal yang sangat membantu. Apa lagi kita belum tahu betul penyakit apa yang kita hadapi. Jika benar gejala tipes. Biasanya dokter menyarankan istirahat yang cukup, kurangi makanan berserat (Sayur, buah, daging ayam/sapi), hindari makanan yang keras. Serta akan di berikan antibiotik dan vitamin.
  • Istirahat yang cukup dan kurangi aktifitas. Perbanyak berbaring di tempat tidur. Biasanya kalau tipes sudah parah, untuk duduk saja terasa amat pusing dan merasakan demam hebat.
  • Makanan yang lembut. Bisa berupa bubur, roti yang mudah di cerna, sayuran yang tidak banyak seratnya seperti wortel. Intinya pola dan apa yang di makan harus di jaga.
  • Rileks kan pikiran. Hilangkan semua tekanan atau stress yang menekan pikiran. Bisa dengan merelakan, pasrah, berdoa dan beribadah. Tentu hal ini sangat membantu proses penyembuhan
  • Ada yang bilang minum Yakult atau yogurt membantu sistem pencernaan. Penulis baru mencoba minum Yakult. Secara logika katanya Yakult berisi bakteri baik untuk pencernaan, jika kita minum tentu akan melawan bakteri jahat di pencernaan kita. Tapi ini masih perlu percobaan dan penelitian lanjutan. Penulis baru mencoba minum Yakult, dampaknya cukup membantu proses penyembuhan.
Mungkin itu dulu yang bisa di share. Mungkin ada teman-teman yang juga memiliki pengalaman terkena gejala tipes, bisa di share di kolom komentar bagaimana langkah yang di lakukan untuk proses penyembuhannya agar lebih cepat.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)