Dampak Makan Sayur Berlebih

Seperti kita ketahui sayuran adalah makanan yang kaya akan serat dan amat bermanfaat bagi sistem pencernaan kita. Namun jika kita memakannya secara berlebih apa ya dampaknya bagi kesehatan kita ??

Kita mengetahui segala sesuatu yang berlebih bisa berdampak negatif / buruk. Demikian jika mengkonsumsi sayuran secara berlebih.

Ada beberapa hal yang bisa kita alami jika mengkonsumsi sayur berlebihan.

* Kekurangan asupan gizi. Hal ini disebabkan sayuran memiliki kandungan lemak dan protein yang rendah, sehingga hal ini mempengaruhi gizi seseorang.
* Mengalami gangguan pencernaan. Sayuran membutuhkan waktu yang lebih lama untuk di cerna ketimbang makanan jenis lain. Jika makan sayur berlebihan tentu membuat sistem pencernaan terbebani.
* Penyerapan mineral tubuh buruk. Hal ini bisa di akibatkan karena pencernaan yang terlalu terbebani untuk mencerna sayuran
* Meningkatkan berat badan. Karena kaya serat dan membutuhkan waktu lebih untuk di cerna ada kemungkinan hal ini menyebabkan berat badan meningkat. Berbeda jika kita makan secara seimbang antara serat sayuran dengan makanan lain, tentu pencernaan jadi lebih lancar, berat badan terjaga.
* Jika sayuran banyak mengandung residu / endapan peptisida tentu amat berbahaya bagi pencernaan, ada kemungkinan racun/ peptisida yang mengendap di sayuran ini yang menyebabkan kanker usus.

Seperti yang kita ketahui sayuran sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita, memperlancar proses buang air besar, sumber serat bagi tubuh. Namun jika berlebih tentu akan bisa berdampak negatif. Jadi kita harus berusaha untuk proporsional dalam memakan serat sayuran, dengan makanan jenis lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa di share mengenai dampak berlebih makan sayuran. Tulisan ini merangkum dari beberapa tulisan di situs lain, selain itu ada juga opini dan pengalaman dari penulis sendiri. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan, saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan.


Semoga bermanfaat....

Refrensi:
http://health.liputan6.com/read/2622463/konsumsi-sayur-berlebihan-bisa-berimbas-buruk-bagi-tubuh

https://www.go-dok.com/hanya-mengonsumi-sayur-dan-buah-sehatkah/

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)