Efek Makan sebelum tidur?

Pernah nggak saat malam sebelum tidur rasanya perut begitu lapar, atau mungkin ada yang baru pulang kerja di malam hari dan perut terasa ingin diisi padahal sudah larut malam. Apa ada efeknya bagi kesehatan kita?

Makan merupakan kebutuhan kita, sebagai sumber energi kita dalam beraktifitas.  Biasanya makan yang normal 3 kali dalam 1 hari. Pagi, siang, sore/malam.

Namun ada kalanya orang yang sibuk memiliki pola makan yang tidak teratur dan terkesan tidak sehat. Dari waktu makan, hingga apa yang dimakan.

Nah pada tulisan ini di bahas sedikit efek makan malam sebelum tidur.

Untuk makan malam waktu yang tepat di lakukan 2 jam sebelum tidur. Tujuannya agar apa yang kita makan sudah terlebih dahulu di cerna. Sehingga saat tidur kerja sistem pencernaan kita lebih ringan.

Nah bagaimana seandainya jika kita makan malam hanya beberapa menit menjelang tidur.?? Ini pengalaman dari penulis dan baca-baca dari beberapa artikel.

Biasanya jika kita makan malam menjelang tidur, apalagi makan berat berupa 1 porsi/piring nasi dengan lauk pauknya. Dampak yang bisa kita rasakan adalah:

  • Rasa kenyang yang berlebih malah membuat kita lebih sulit untuk tidur. Terasa lebih segar beberapa menit setelah makan. Namun ada pula orang yang setelah makan merasa kantuk datang begitu berat. Ini tergantung dari individunya.
  • Asam lambung jadi naik. Biasanya terasa perut kembung, sendawa yang tidak sedap. Saat bangun tidur tenggorokan terasa kering dan tidak enak, yang di akibatkan asam lambung naik ke tenggorokan. 
  • Ada yang mengatakan jika makan sebelum tidur meningkatkan kadar gula, yang dapat memicu diabetes atau kegemukan. Penyebabnya tentu diakibatkan energi atau kalor yang kita makan tidak digunakan beraktifitas, dan di endapkan dalam tubuh.
  • Sistem pencernaan bekerja lebih berat saat tidur. Karena makanan masih baru masuk , tentu sistem pencernaan bekerja lebih berat yang bisa berdampak menurunnya kualitas tidur kita. Kadang bangun tidur kita merasa badan masih terasa lelah dan tidak segar, mungkin bisa diakibatkan pola makan ini.
Nah untuk mengatasi rasa lapar saat akan tidur bisa diatasi dengan beberapa langkah berikut.

  • Makan tapi jangan terlalu banyak, secukupnya saja. 
  • Makanan ringan berupa roti atau Snack ringan bisa membantu
  • Minum air putih bisa menjadi pengganjal rasa lapar yang cukup efektif.
  • Makan beberapa potong buah yang kaya serat bisa cukup membantu.
Tips diatas kadang penulis sendiri masih kesulitan untuk mempraktikannya. Tapi setidaknya menjadi pengingat diri untuk menjaga pola makan yang sehat.

Selamat mencoba...
Semoga Bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)