Hafalan Juz 30 ('Amma) kok sulit bertambah?

Bismillahirrahmanirrahim
Ayat-ayat pendek biasa sering kita gunakan saat sholat. Namun terkadang ayat pendek yang kita sering baca biasanya surat yang sama. Biasanya 3 "Qul", Al-Iklas, Al-Falaq, An-Nas. Nah ada baiknya kita menambah hafalan surat pendek kita. Yang paling mudah dan enak untuk di hafalkan adalah juz 30, yang biasa di sebut juz 'Amma. Tapi kadang kita kok merasa sulit ya untuk menambah hafalan???

Untuk menambah hafalan Al Qur'an, ada baiknya kita harus luruskan niat karena Allah Subhanahuwataalla, menikmati serta menyukai untuk membaca, menghafal dan memahami ayat Al Qur'an. Ada beberapa metode yang bisa di gunakan:

  • Sering membaca dan mengulangi bacaan al Quran. Pengulangan bisa dilakukan sebanyak mungkin. Bisa 10 kali, 20 kali atau lebih. Intinya kita mengulangi dengan membaca atau mendengar bacaan orang secara berulang, kemungkinan besar akan lebih teringat.
  • Memahami makna ada tiap ayat. Dengan memahami arti dari apa yang kita baca dan hafalkan kita akan lebih mengingat dan menghafal.
  • Menyetor hafalan ke orang lain. Jika ada teman, atau ustad tempat menyetor hafalan serta mengkoreksi apa yang kita hafalkan maka lebih mudah lagi proses menghafal.
  • Membuat jadwal dan sasaran untuk menghafal. Jadi perlu kita buat kapan waktu, jam, jadwal untuk menghafal. Memiliki target dan sasaran hafalan. 
  • Sering mengulang dan menggunakan hafalan. Sebelum dan setelah sholat bisa kita gunakan 5 menit waktu untuk mengulang atau menambah hafalan. Saat sholat sunah menggunakan hafalan baru kita.
  • Berdoa memohon di beri kemudahan dalam menghafalkan, memahami dan mengamalkan Al-Qur'an. 

Selain berusaha, ikhtiar dalam menghafalkan Al-Qur'an, doa adalah sarana lain yang bisa kita tempuh. Menikmati dan menyukai proses dalam menghafalkan. Terkadang semangat naik turun, perlu luruskan niat, miliki target dan sasaran membuat kita tetap bersemangat.

Memang membutuhkan komitmen dan kedisiplinan serta kadang dorongan dari lingkungan untuk tetap bersemangat untuk menambah hafalan. Jika sudah hapal satu surah, ujian selanjutnya adalah menjaga hafalan. Karena kalau tak di rawat hafalan bisa terlupakan.

Mungkin video ini bisa jadi tambahan:


Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)