Friday, April 27, 2018

Kenapa ada Orang Gemuk dan Kurus???

Banyak orang yang ingin memiliki tampilan atau berat ideal. Ada yang pingin gemuk ada yang pingin kurus. Nah kadang kita sering heran kok ada orang yang makannya banyak tapi badannya tetap kurus, ada pula orang yang terlihat makan sedikit namun badan cepat sekali gemuk. Kenapa bisa begitu ya??

Untuk membahas kenapa ada orang yang gemuk dan kurus, ada banyak faktor yang bisa kita jabarkan. Namun secara umum beberapa faktor tersebut adalah jumlah makanan yang masuk, aktifitas, umur, sistem metabolisme kita.

Beberapa pendapat penulis mengapa ada yang gemuk dan kurus sbb:

  • Jumlah makanan yang masuk. Makanan yang kita makan ibarat energi yang masuk ke dalam tubuh. Jika energi yang masuk berlebih, kelebihan energi tersebut akan di cadangkan. Hal ini lah yang menambah berat badan.
  • Aktifitas harian. Seperti poin sebelumnya. Energi yang masuk ke tubuh akan digunakan untuk aktifitas harian kita. Jika kita banyak menggunakan kekuatan fisik untuk bekerja otomatis energi yang di gunakan lebih besar daripada yang hanya kerja duduk-duduk di belakang monitor. Semakin banyak aktifitas fisik kita, semakin banyak energi yang di gunakan.
  • Jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi. Biasanya makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, lemak jenuh, karbohidrat. Pada intinya makanan yang mengandung gula sederhana atau gula yang mudah di cerna tubuh jika tak digunakan atau berlebih akan di cadangkan oleh tubuh. Hal inilah yang cepat menambah berat badan seseorang.
  • Faktor keturunan. Pada poin ini tiap orang memiliki kemampuan mengolah makanan atau metabolisme tubuh. Jadi ada orang yang metabolismenya cepat, namun ada yang lambat dan cendrung untuk mencadangkan energi dalam tubuh menjadi lemak.
  • Lingkungan hidup. Bisa dari suhu lingkungan, cuaca dan keadaan alam. Orang yang hidup di daerah hangat atau panas kemungkinan membutuhkan energi yang lebih banyak.
Berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk sebaiknya menjadi incaran kita. Diimbangi pola makan dan pola hidup yang sehat.

Orang yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko terkena berbagai penyakit, dari diabetes, serangan jantung, stroke. Oleh karenanya ada baiknya kita menjaga berat badan di berat yang ideal. Untuk mengetahui berat badan ideal ada rumusannya tersendiri. Mungkin bisa di share di google.

Makanan yang kita makan juga harus kita pilih. Perbanyak makanan yang kaya serat dan mineral, biasanya terkandung pada sayuran dan buah-buahan. Kurangi makanan yang mengandung banyak gula sederhana. 

Biasa gula sederhana ini terkandung pada gula pasir, sirup, pemanis dan sejenisnya. Nasi ada yang mengkategorikan sebagai makanan yang mengandung gula sederhana. Gula sederhana cendrung mudah di olah tubuh, yang m nyebabkan kadar gula dalam darah cepat meningkat.

Demikian yang bisa dishare...

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru