Pandai bicara penting nggak ya?

Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan dasar yang sebaiknya di miliki. Kemampuan ini sebagai sarana untuk menyalurkan apa pendapat dan pemikiran kita. Tapi pandai berbicara penting tidak ya?

Pandai berbicara bagi sebagian orang merupakan suatu keahlian yang amat penting. Apalagi bagi orang yang berkerak di bidang publik relation, marketing atau sales. Dengan kemampuan bicara yang meyakinkan orang lain bisa terpengaruh, pendapat atau pemikiran kita lebih mudah di pahami.

Namun untuk menjadi pembicara yang handal tidak hanya mengandalkan kemampuan berbicara saja. Ada kemampuan lain yang sangat mendukung kemampuan berkomunikasi kita diantaranya:

  • Mau mendengarkan. Tidak hanya mau berbicara atau di dengar, kita pun harus bersedia untuk mendengarkan. 
  • Percaya diri. Kalau kita ragu atas apa yang kita bicarakan atau kita katakan tentu pendengar kita pun akan merasa ragu dan tak yakin. Ini tentu perlu latihan dan banyak pembelajaran
  • Intonasi suara. Tinggi rendah suara dalam berbicara tentu mempengaruhi pendengar, nada tegas biasa diintonasikan dengan nada tinggi,dst.
  • Bahasa tubuh yang tepat. Ada yang mengatakan 90% an dalam berkomunikasi yang paling berpengaruh adalah bahasa tubuh. Jadi dengan melihat bahasa tubuh seseorang kita dapat menilai seseorang, apakah enak atau tidak jika diajak berkomunikasi.
Pandai berbicara bukan menjadi patokan kita untuk menilai seseorang enak untuk di ajak berbicara. Jika seseorang pandai berbicara namun tidak mau mendengar, hanya pendapatnya yang ingin di akui, bahasa tubuh yang angkuh, tentu kita merasa tidak nyaman berbicara dengan orang seperti ini. 

Tiap orang memiliki pola tersendiri dalam berkomunikasi. Ada yang percaya diri dalam berbicara didepan umum, ada yang pemalu. Ada yang pandai berintonasi, beretorika dalam bicara, ada yang nadanya biasa namun menyentuh hati, dst.

Tergantung kita mau mengembangkan kemampuan berkomunikasi kita ke tipe atau karakter yang mana. Secara alami atau natural kita mengetahui orang yang enak di ajak berbicara dan mana yang tidak. Intinya banyak kombinasi dari kemampuan berkomunikasi yang bisa kita pilih dan kita kembangkan.

Semoga bermanfaat....


Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)