Monday, April 23, 2018

Persiapan menyambut Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim...
Bulan puasa Ramadhan tidak terasa sudah semakin dekan, kurang dari 1 bulan. Bulan yang penuh keberkahan dan ampunan. Agar kita mendapat semua manfaat yang ada dalam Ramadhan tentu kita perlu mempersiapkan diri. Agar kita tidak termasuk orang yang merugi yang hanya mendapat lapar dan haus saja.

Banyak sekali kelebihan yang bisa kita peroleh di bulan ramadhan, dari pahala yang berlipat-lipat, bulan yang penuh barokah, ampunan yang di buka lebar, setan-setan di belenggu, sarana atau momentum untuk meningkatkan iman dan ketakwaan.

Ada beberapa hal yang bisa kita persiapkan sebelum memasuki bulan Ramadhan, agar amal ibadah kita benar, amal ibadah kita di terima dan bisa membekas setelah bulan Ramadhan terlewati.

  • Mempelajari fikih mengenai puasa ramadhan. Bisa kita cari dalam bentuk buku, mendengar kajian para ustad di media online
  • Banyak bertobat, beristighfar membersihkan diri baik secara fisik dan jiwa. Dengan demikian kita akan lebih siap untuk beribadah
  • Mempersiapkan diri dengan berpuasa sunah sebelum puasa ramadhan. Rasulullah juga mencontohkan hal ini, beliau memperbanyak puasa dan ibadahnya sebelum bulan Ramadhan.
  • Tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah secara perlahan. Dengan demikian saat bulan Ramadhan kita merasa sudah terbiasa dan bukan menjadi beban
  • Siapkan fisik. Kesehatan fisik menjadi modal utama agar kita benar-benar bisa beribadah. Perbaiki pola makan, nutrisi tubuh serta istirahat yang cukup.
Agar ibadah di bulan Ramadhan kita benar dan bisa jadi sarana memperbaiki, meningkatkan keimanan dan ketakwaan tentu kita harus memiliki dasar ilmu yang cukup. Dengan ilmu ibadah kita ada dalil dan seperti yang di contohkan Rasulullah.

Biasanya saat bulan puasa kita jadikan alasan untuk bermalas-malasan, merasa mudah lelah atau capek. Bulan Ramadhan malah membuat produktifitas menurun.

Saat tarawih kebanyakan kita lebih memilih imam sholat yang bacaannya cepat. Namun kehusyuannya tidak kita peroleh. Ada baiknya kan kalau kita sholat perlahan, tenang dan Khusyu'. Sholat kita jadi lebih membekas.

Di bulan puasa sebenarnya sarana kita meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan kita. Jadi momentum untuk memperbaiki diri dan memperoleh ampunan Allah Subhanahuwataalla. Menambah timbangan pahala kita. Apalagi di bulan Ramadhan ada malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan.

Semoga kita bisa bertemu di bulan Ramadhan tahun ini dengan persiapan yang lebih matang, sehingga kita benar-benar memperoleh semua keutamaan di bulan Ramadhan. Amin.

Semoga bermanfaat....

Kata kunci:
Puasa Ramadhan, Mempersiapkan Puasa, Berkah Ramadhan, keutamaan Puasa Ramadhan

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru