Monday, April 9, 2018

Rizki Berkah Dunia & Akhirat dalam Islam

Bismillahirrahmanirrahim

Setiap orang pasti berharap kelapangan Rizki, harta yang berlimpah, kesehatan yang terjaga. Kadang kita ingin mengalaminya dengan segala cara. Kita sering iri dan dengki terhadap apa yang dimiliki orang lain. Namun gimana sih rezeki yang berkah dunia akhirat? Yuk diaimak

Rizki adalah suatu yang di berikan Allah Subhanahuwataalla, yang memberikan kemanfaatan kepada kita.  Baik berupa kesehatan, kelapangan, kesempatan, keluarga, harta benda, dll

Jadi Rizki itu bukan hanya berupa harta benda atau uang. Karena jika kita berpatokan Rizki berupa uang tentu kita akan merasa selalu kurang. Tak akan bisa tercukupi.

Coba kita pikirkan kita masih bisa berjalan dengan normal tanpa ada rasa sakit merupakan suatu Rizki yang amat berharga. Mata yang bisa melihat dengan jelas pun termasuk Rizki. Kalau kita berpikir seperti ini tentu begitu banyak dan tak terhitung Rizki yang kita miliki. Dengan bersyukur maka nikmat akan di tambahkan.

Rizki yang berkah itu apa sih? Kalau sederhananya Rizki yang berkah itu adalah Rizki yang memiliki banyak kemanfaatan. Contoh kalau kita uang, sebagian kita berbagi ke anak yatim, dengan uang itu nanti digunakan untuk kebutuhan harian anak yatim. Nah uang kita itu tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi untuk anak yatim juga.

Kalau kita ikhlas dan tulus berbagi ke anak yatim, tidak berharap perhatian dan pujian dari makhluk semata-mata karena Allah Subhanahuwataalla. Rizki itu bisa jadi amal jariah dan pahala untuk kehidupan akhirat kita.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan Rizki yang penuh keberkahan.

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahuwataalla. Allah telah berjanji akan melapangkan Rizki baik dari bumi maupun dari langit untuk orang yang bertakwa.
  2. Perbanyak infak dan shadaqah. Secara kasat mata kalau kita bersedekah uang kita akan berkurang. Tapi bagi orang yang beriman dan yakin, Allah akan membalas dan melipat gandakan rezeki orang yang bersedekah dengan jalan yang tak disangka-sangka.
  3. Jauhi riba. Riba adalah mengambil keuntungan atau kelebihan dengan cara yang terlarang. Contoh kita meminjamkan uang ke seseorang, dengan kesepakatan si peminjam akan memberi lebih saat uang di kembalikan.  Terlihat menguntungkan memang bagi si pembelr pinjaman, namun karena ini larangan dari Allah dan rasulnya, maka Rizki yang didapat dari riba jauh dari keberkahan.
  4. Memakan Rizki dari yang halal dan baik. 
  5. Perbanyak amal ibadah, dan doa. Banyak amalan dan doa yang bisa kita lakukan untuk menambah keberkahan Rizki. Contohnya sholat duha, sholat tahajud.
Walaupun rizki seseorang terlihat sedikit namun jika memberikan kemanfaatan yang banyak tentulah rizkinya bisa lebih berkah. Jumlah dan banyak bukan jadi patokan. 

Jika beraktifitas, berbagi atau bersedekah dengan niat ibadah yang tulus ikhlas, tentu rezeki kita akan mendapat keberkahan tidak hanya di dunia namun juga hingga akhirat.

Berikut video dari Hanan Ataki yang berkaitan dan menginspirasi, bisa di tonton juga:

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan di situs berikut:
http://www.hibatulwafi.com/2014/11/agar-rizki-kita-semakin-berkah.html?m=1

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru