Semangat bekerja

Bekerja terkadang terasa melelahkan, jenuh atau merasa bosan dengan rutinitas. Kalau sudah merasa seperti itu tentu kerja menjadi tidak bersemangat. Hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Sulit untuk berkembang.

Bekerja merupakan kebutuhan tiap orang. Dengan bekerja seseorang dapat menyalurkan energinya, tenaga atau keahliannya.  Dengan bekerja seseorang akan mendapat bayaran sesuai dengan standar pengajian di perusahaannya.

Yang jadi masalah terkadang kita merasa sudah lelah, jenuh atau bosan. Penyebabnya bisa banyak, dari rekan kerja yang bikin tak nyaman, gaji yang terasa kurang, karir yang tidak naik, pekerjaan yang monoton, waktu libur yang kurang, dll.

Kalau permasalahan ini pernah kita rasakan, tips berikut bisa di coba:

  • Mensyukuri Kerjaan yang sudah di peroleh. Berpikir bahwa mencari kerjaan itu tidak mudah, kita yang sudah bekerja tentu perlu kita syukuri. Walau masalah gaji terasa kurang, dengan mensyukuri tentu akan terasa nikmat
  • Jika ada temen kerja yang bikin tak nyaman, entah teman selevel, atasan atau bawahan, maka perlu coba jalin komunikasi yang lebih baik. Saling mengerti, saling memaafkan. Intinya buat suasana bekerja nyaman.
  • Minta waktu istirahat, libur atau cuti. Kadang tekanan kerja membuat kita merasa tertekan, jenuh terhadap kerjaan. Luangkan waktu untuk olahraga, berwisata atau liburan bersama teman atau keluarga.
  • Memiliki sasaran atau target pribadi untuk berkembang. Disini kita berusaha memacu diri sendiri untuk terus belajar, terus berkembang. Jadi bukan karena perintah atasan, bos atau perusahaan, namun inisiatif sendiri. Dengan demikian kita akan menikmati selalu apa yang kita kerjakan
  • Hargai diri sendiri. Maksudnya disini jika kita sudah berusaha bekerja maksimal dan melakukan yang terbaik, namun rekan atau atasan tidak menghargainya, disaat itulah kita harus menghargai diri sendiri. Contohnya kita memberikan diri sendiri hadiah / reward jika kita menyelesaikan sesuatu. Tidak usah mahal, yang penting kita merasa senang dan menghargai diri sendiri.
  • Memikirkan atau membayangkan manfaat dari hasil apa yang kita kerjakan. Contohnya jika kita sebagai pembuat batako atau batu bata, kita bayangkan bata yang kita buat nantinya akan menjadi rumah tempat bernaung orang banyak. Dengan membayangkan hal itu kita akan merasa apa yang kita lakukan bermanfaat untuk orang lain.
  • Bekerja iklas dan jadikan sebagai sarana ibadah. Jadi kita bekerja bukan untuk mencari pujian, penghargaan dari rekan kerja atau atasan, namun kita bekerja mencari ridho Allah Subhanahuwataalla, kita niatkan untuk beribadah. 
  • Terakhir jika ternyata tempat kerja yang saat ini merasa tidak cocok, kita bisa saja membuat keputusan untuk pindah ketempat lain yang terasa lebih baik atau lebih cocok dengan diri kita.

Tiap orang memiliki tipe cara bekerja sendiri, cara menyelesaikan atau menghadapi masalah tersendiri. Jadi kita perlu menyesuaikan diri sendiri dengan keadaan lingkungan kerja kita.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)