Sensor Proximity Pengertian serta prinsip kerja

Sensor Proximity biasa banyak di pabrik-pabrik, atau dunia industri. Namun saat ini ternyata sensor Proximity juga banyak di gunakan smartphone. Lebih jelasnya sebagai berikut:

Sensor Proximity dapat diartikan sebagai sensor pendeteksi jarak, pendeteksi benda terhadap sensor. Biasanya untuk sensor Proximity ini mampu mendeteksi jarak dengan jarak yang sangat kecil, contohnya 1 mm.

Sensor Proximity yang banyak digunakan biasanya berjenis: sensor Proximity induktif dan capasitif.

# Proximity induktif
Untuk sensor Proximity jenis ini memanfaatkan induksi gelombang magnet untuk mendeteksi suatu benda yang mendekati sensor.

Untuk sensor Proximity induktif ini hanya mendeteksi barang yang berbahan logam. Jadi untuk benda berbahan selain logam tidak terdeteksi. Kelebihan jenis ini sensor masih dapat tetap mendeteksi jarak atau keberadaan benda berbahan logam, walau terhalang benda plastik selama masih dalam jangkauan sensor.

# Proximity kapasitif
Untuk sensor Proximity jenis kapasitif memiliki fungsi yang sama seperti sensor Proximity induktif, hanya benda yang bisa di deteksi tidak hanya yang berbahan logam, tetapi jenis yang lain pun bisa. Mau itu plastik, gabus, air dll. Kalau prinsip kerjanya mungkin memanfaatkan perubahan nilai kapasitans pada sensor terhadap perubahan jarak benda dengan sensor (maaf masih belajar juga).

Jadi sensor Proximity kapasitif bisa mendeteksi berbagai jenis bahan tidak hanya logam.

Sensor Proximity ini selain sebagai pendeteksi jarak benda kerja, biasanya juga bisa dimanfaatkan sebagai switch. Oleh karenanya ada jenis Proximity switch.

Dalam dunia industri sensor ini banyak digunakan sebagai pendeteksi jarak pada bearing, mendeteksi keadaan perputaran gear dalam mesin, sebagai pendeteksi keadaan tertentu yang nantinya terhubung dengan suatu indikator, dan masih banyak lagi pengaplikasiannya.

Sensor jenis ini amat sering digunakan karena memiliki daya tahan yang lebih kuat, baik terhadap getaran atau perubahan keadaan sekitar. Selain itu memiliki pembacaan yang lebih akurat.

Untuk tambahan video ini bisa juga jadi refrensi:


Tulisan ini merupakan rangkuman pembelajaran penulis. Jadi masih belajar berupa teori dan belum mempraktikkan nya. Jadi jika ada kesalahan dalam apa yang di tulis dan apa yang dipahami, mohon dimaafkan. Kritik dan saran yang membangun sangat di harapkan..

Refrensi:

https://www.scribd.com/doc/116434840/Prinsip-Kerja-Proximity-Sensor

https://googleweblight.com/i?u=https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/2017/05/apa-fungsi-proximity-dan-prinsip-kerjanya.html?m%3D1&hl=id-ID

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)