Arti Sebuah Senyuman

Senyumnya adalah salah satu ekspresi manusia yang menunjukkan bahwa kita sedang senang, bahagia atau positif. Senyuman bisa di artikan banyak hal. Namun pada intinya kita sepakat senyuman adalah hal indah yang di miliki manusia.

Dalam tulisan ini bukan menulis arti senyuman dari seseorang terhadap kita. Apalagi senyuman lawan jenis yang bikin kadang lupa diri. Melihat senyuman dari sudut pandang rasa syukur dan kelapangan dada, pikiran seseorang terhadap hidup.

Pernah tidak melihat seorang yang bagi kebanyakan orang layak disebut orang susah, namun memiliki senyuman yang begitu ikhlas. Dari pemulung sampah, tukang bersih-bersih jalan, pedagang kaki lima dst. Mereka walaupun terlihat susah namun memiliki senyuman yang begitu indah, begitu lepas dan begitu tulus.

Coba bandingkan terhadap orang yang menurut kita seharusnya sebagai orang yang beruntung dan bahagia, namun mereka terlihat begitu tertekan, begitu keruh dan malah tak bahagia. Contohnya seorang bos yang perbulan berpenghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Meraka untuk terseyumpun terasa susah, bahkan tak bisa tersenyum. Mungkin saja mereka tertekan oleh tuntutan pekerjaan mereka, ketegangan mengatasi masalah yang kompleks, dst.

Dari hal ini dapat kita ambil pelajaran, sebuah senyuman dapat di artikan sebagai seberapa besar rasa syukur kita, seberapa lapang hati, pikiran dan jiwa kita. Jika jiwa ini tenang, bahagia amat mudah kita untuk senyum tulus.

Di saat sulit atau susah sebenarnya kita dapat melapangkan, menyembuhkan segala gundah dan gelisah yang kita alami. Senyuman, walau awalnya terpaksa namun jiwa, pikiran dan hati pun bisa merasakan energi positif dari senyum "palsu" tersebut.

Bukankan senyuman yang tulus dan ikhlas kepada sesama kita menjadi ibadah. Tentu hal ini harus di letakkan pada waktu dan tempat yang tepat, agar orang lain tak salah mengartikan.

Semoga bermanfaat ...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)