Dikala Jiwa Merasa Rasa Lelah

Pernah tidak kita merasa begitu lelah, entah tak mengetahui asal muasal dan sebab merasa lelah. Lelah yang di rasa bukan hanya karena kelelahan fisik karena aktifitas sehari-hari. Namun rasa lelah yang dirasa melanda rasa lelah pada jiwa, pikiran dan perasaan. Jika rasa lelah seperti ini melanda apa saja yang bisa kita lakukan?

Rasa lelah yang normal dan bisa di kontrol sebenarnya tak menjadi masalah. Namun kala rasa lelah ini tak terkontrol dan memberi dampak buruk dalam keseharian tentu perlu kita perbaiki.

Jika kita perkirakan rasa lelah bisa muncul oleh beberapa sebab. Dari aktifitas fisik seperti olahraga, pekerjaan harian. Tuntutan pekerjaan yang menuntut untuk segera diselesaikan membuat pikiran terkuras. Perasaan yang terluka oleh suatu sebab tertentu juga bisa membuat lelah jiwa. Perasaan negatif seperti kecewa, amarah, kegelisahan, dendam, iri dengki dst bisa menjadi sumber rasa lelah juga.

Apabila tak segera diatasi selain memberi gangguan pada kesehatan jiwa, fisik pun akan merasakan kelelahan. Berbagai penyakit fisik pun mudah sekali menyerang.

Ada beberapa tanda jika kita mengalami kelelahan jiwa ini:
* Pikiran kacau dan tak terarah
* Mengalami gangguan tidur / Insomnia
* Gangguan pencernaan
* Kehilangan semangat dalam beraktifitas
* Pikiran atau perasaan sering bernuansa negatif
* Kehilangan kesenangan yang biasa dilakukan / Hobi
* Menutup diri terhadap lingkungan
* Ketegangan yang terasa pada otot-otot tubuh
* Sulit merasakan kantuk, yang biasa ditandai dengan menguap

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat jiwa menjadi sehat dan kembali segar bugar. Diantaranya:

  • Belajar teknik relaksasi
  • Perbanyak atau tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah
  • Perlambat tempo dalam beraktifitas. Mulai dari sikap terburu-buru. Langkah yang biasa cepat perlu kita coba untuk memperlambat tempo jalan kita.
  • Jauhi obat penenang atau pil tidur. Memang terkesan membantu, tapi sebenarnya tidak menyelesaikan masalah hingga ke akar masalah. Malah obat-obatan ini bisa memberi dampak buruk dan candu.
  • Perbaiki pola hidup keseharian. Dari pola istirahat, pola makan, pola berinteraksi dengan keluarga atau sahabat.
  • Ambil waktu untuk diri sendiri. Baik itu instrospeksi diri, waktu untuk benar-benar beristirahat, waktu untuk berwisata dst.
  • Ada kalanya kita berusaha menghindari diri dari sumber masalah, atap saja mengumpulkan energi untuk menghadapi masalah selanjutnya.
  • Berusaha selalu bersyukur dan berpikir positif.
Kelelahan fisik dan jiwa sebenarnya bermanfaat untuk kita. Dengan merasakan kelelahan ini kita bisa merasakan betapa nikmatnya saat fisik kita sehat, jiwa kita tenang. Merasa benar-benar bersyukur jika fisik sehat, pikiran bisa fokus, jiwa yang lapang.

Semoga bermanfaat...

Kata kunci: 
Jiwa yang lelah, kelelahan fisik, ketenangan pikiran, mengatasi kelelahan jiwa, menenangkan pikiran, menenangkan jiwa, tanda mengalami kelelahan jiwa


Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)