Hati-hati Berbuka Puasa dengan yang Manis-manis

Berbuka puasa adalah waktu yang sangat di tunggu-tunggu, setiap yang berpuasa menunggu datangnya berbuka ini. Namun ada kesalahan yang sering kita lakukan, namun kita anggap sebagai hal yang biasa dan benar, padahal sebenarnya kurang baik dan salah. Apa itu, yaitu berbuka dengan yang manis-manis. Kok bisa?

Kebanyakan kita kemungkinan besar terpengaruh oleh media iklan yang sering tayang di televisi. Banyak iklan yang miliki slogan "berbuka dengan yang manis", karena produk yang dijualnya memang produk olahan manis (sirup, Es, Susu,dll). Sampai-sampai kita menganggap berbuka dengan yang manis adalah hadis nabi. Padahal jika kita mencoba cari lagi lebih mendalam, hadis berbuka dengan yang manis tak bisa di temukan.

Padahal jika kita berbuka puasa dengan yang manis, sirup manis, teh manis, es buah manis contohnya, bisa berdampak negatif bagi kesehatan kita.

Dalam ilmu medis minuman atau makanan yang kaya mengandung gula dapur / gula pasir bisa menyebabkan kadar gula darah kita naik secara tiba-tiba. Gula merupakan glukosa sederhana yang mudah sekali di ubah tubuh. Jika kadar gula sering naik secara tiba-tiba dapat merusak sistem pengolahan gula dalam darah. Bila sistem ini rusak kita bisa terserang penyakit diabetes atau yang sering disebut penyakit kencing manis, gula darah.

Sunah yang dicontohkan nabi adalah berbuka dengan kurma. Yang jadi pertanyaan, bukankah kurma juga manis?. Kurma memang manis, hanya gula yang terkandung pada kurma adalah gula kompleks, yang butuh pemrosesan lebih lama untuk menjadi glukosa dalam darah. Jadi peningkatan kadar gula dalam darah terjadi secara perlahan dan bertahap.

Jika kurma tidak ada mungkin bisa diganti buah-buahan lain. Atau minum air putih secukupnya.

Hal inilah yang perlu kita perbaiki. Puasa yang menjadi sarana ibadah, plus yang sebenarnya baik untuk kesehatan, namun berdampak buruk bagi kesehatan karena kesalahan kita saat berbuka puasa.

Dengan demikian semoga kita tetap sehat, segar bugar dalam menjalani puasa, serta kuat dalam menjalani ibadah tambahannya.

Untuk tambahan materi mengenai berbuka puasa dengan yang manis, bisa dicek:
https://muslimah.or.id/6195-hadits-berbukalah-dengan-yang-manis.html

Semoga bermanfaat...

Kata kunci:
Berbuka dengan yang manis, kesalahan dalam berbuka puasa, berbuka dengan kurma, menjaga kesehatan saat puasa

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)