Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sistem Shift

Bekerja sistem shift biasanya di lakukan pada keadaan dimana harus ada personil atau pekerja yang stand by (Siap siaga). Biasanya di lakukan pada bagian keamanan seperti satpam atau pabrik yang operasionalnya 24 jam. Nah sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri

Sistem shift ini biasa di berlakukan untuk memastikan keadaan aman, berjalan sesuai operasional, jika ada kendala cepat di atasi dalam kurun waktu 24 jam non stop.

Jika di paparkan kelebihan dan kekurangannya sbb:

#Kelebihan:

  • Sistem shift ini membuat variasi jam kerja yang berbeda-beda. Sehingga mengurangi kejenuhan waktu kerja
  • Karena tak kenal libur, jika mengenai tanggal merah tentu hitungan gaji bisa berbeda.
  • Jika pandai mengatur waktu, tentu waktu untuk sambilan atau waktu untuk keluarga terasa lebih banyak. Contoh saat piket jam malam, jika kita bisa bagi waktu saat di rumah atau ingin sambilan bisa kita lakukan.
#Kekurangan :
  • Terkadang rasa lelah menyerang, terutama saat menghadapi shift malam. Melawan jam biologis untuk tidur atau beristirahat.
  • Saat hari istimewa, seperti idul Fitri atau idul Adha terkadang terlewatkan, karena harus tetap bekerja.
  • Karena pola tidur yang berubah-ubah terkadang membuat daya tahan menurun, menyebabkan cepat terserang penyakit.
Untuk mengatasi kekurangan dari sistem shift ini, terutama dari sisi kesehatan tubuh adabaiknya kita imbangi dengan pola makan sehat dan bergizi serta ditambah olah raga fisik teratur dan rutin.

Kalau masalah tak bisa kumpul dengan keluarga di saat momen penting seperti hari raya, ada baiknya kita berpikir positif selalu. Berpikir bahwa apa yang kita kerjakan bermanfaat untuk orang lain secara tak langsung. Berusaha menikmati waktu saat bersama keluarga dan kerabat.  Jika memungkinkan bisa tukar shift dengan rekan yang mau atau minta cuti ke perusahaan.

Mungkin itu saja yang bisa di share

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)