Tuesday, May 1, 2018

Memahami fungsi dari Thrust Pad

Bagi orang yang biasa bergelut dalam dunia mesin/ motor besar biasanya sudah mengerti apa Thrust Pad ini. Ada banyak fungsi dan manfaat dari Thrust Pad ini. Yuk disimak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Thrust Pad ada baiknya kita mengetahui apa itu Thrust pad. Thrust Pad bisa di maknai sebagai "bantalan" terhadap gesekan dan putaran dari Rotor suatu mesin, motor atau turbin. Namun bantalan atau beban gesekan yang di tahan adalah pada gerak Rotor axial (pergerakan gerakan maju-mundur).

Biasanya Thrust pad dipasang pada mesin-mesin besar, turbine. Oleh karenanya Thrust pad banyak kita temukan pada dunia industri atau dunia pembangkit listrik.


Dengan adanya Thrust Pad ini Rotor dapat tetap berputar dengan pergerakan yang "terkontrol", terjaga dan terbatasi. Selain itu di Thrust Pad terkadang dipasang sensor suhu yang dapat mendeteksi kesalahan pemasangan Rotor, atau kerusakan yang di akibatkan gesekan dari pergerakan Rotor yang tidak mulus.

Jika suhu thrust pad terdeteksi naik ada kemungkinan terjadi gesekan yang cukup kuat antara thrust pad dengan Rotor. Jika hal ini terjadi perlu di lakukan pengecekan dan pensetingan ulang pemasangan Rotor.

Untuk Thrust pad ini ada beberapa macamnya, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung dimana di aplikasikan. Secara umum berikut beberapa jenis Thrust pad:

  • Thrust ball bearing
  • Cylindrical Thrust roller
  • Tapered roller Thrust bertingkat
  • Spherical Thrust bearing
  • Fluid bearing
  • Magnetik bearing
Video berikut bisa membantu pemahaman kita mengenai Thrust bearing ini:

Sekian yang bisa dirangkum dan di bagi.

Refrensi:
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Thrust_bearing


Semoga bermanfaat....


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru