Mengenal Bitcoin

Bitcoin secara sederhana dapat diartikan sebagai uang digital. Uang yang memiliki nilai atau harga tersendiri. Saat ini bitcoin lagi cukup ngetren di Indonesia, banyak yang tertarik untuk berinvestasi melalui bitcoin ini. Untuk lebih memahami konsep dari bitcoin sbb:

Bitcoin sebenarnya hanya salah satu dari berbagai jenis crypto currency. Apa itu crypto currency? Sederhana menurut pemahaman penulis, crypto currency adalah suatu proses penyelesaian algoritma mati-matian rumit yang menggunakan program tertentu, dari hasil penyelesaian perhitungan aritmatika tersebut akan didapat suatu reward atau hadiah berupa bitcoin ini. Jadi bitcoin ini tidak sendiri ada crypto currency dengan nama yang berbeda.

Saat ini (Mei 2018) 1 bitcoin berharga berkisar 120 juta rupiah. Jika kita bandingkan harga bitcoin dengan crypto currency lainnya bitcoin memiliki harga yang paling mahal. Yang membuat harga bitcoin ini mahal sebenarnya karena kesepakatan dari komunitas, jadi karena suatu komunitas pengguna bitcoin menganggap bitcoij bernilai dan dicari harga bitcoin akan menguat, namun jika ditinggalkan harganya akan menurun bahkan tak berharga.

Bitcoin dianggap sebagai uang atau investasi masa depan, hal ini dikarenakan dianggap memiliki keamanan yang mumpuni.  Penulis coba sedikit menjabarkannya, jadi bitcoin sistem informasinya terdesentralisasi, artinya tak terpusat. Data tersimpan pada computer yang terhubung secara per to per. Jadi jumlah uang dari bitcoin terbatas dan dapat di perkirakan, sesuai dengan jumlah computer yang terhubung secara per to peer tersebut.

Dalam teransaksinya bitcoin tak ada batasan dalam transfer jumlahnya. Pada akun atau dompet bitcoin, nama pemilik menggunakan anonymous atau identitas samaran. Transfer bitcoin pun bisa dilakukan ke belahan negara manapun, jadi untuk biaya transfer amat kecil. Jadi bitcoin terkesan bebas dan tak diatur oleh negara.

Untuk mendapatkan bitcoin ada beberapa cara, bisa membeli dengan uang tunai, menambang bitcoin, dan mendapatkan dari situs berbagi bitcoin. Yang menarik adalah penambang bitcoin. Dibutuhkan komputer dengan kemampuan super dan canggih untuk menyelesaikan alogaritma matematika rumit transaksi bitcoin. Jadi penambang bitcoin ini ibarat teller bank. Pihak yang melakukan verifikasi transaksi, mencatatnya dalam jaringan peer to peer. Dari hasil pemrosesan data inilah para penambang mendapatkan upah setiap transaksi yang berhasil diverifikasi.

Namun karena nilainya yang amat fluktuatif, hal ini sebenarnya bukan investasi yang aman, mirip seperti perjudian. Oleh karenanya pihak bank Indonesia tak melegalkan mata uang digital ini. Selain karena nilainya yang tak stabil, karena sistemnya yang bebas dan tak bisa diatur, amat rawan uangnya digunakan untuk kejahatan, pencucian uang dsb.

Jadi kita harus bijak memahami trend bitcoin saat ini, jangan sampai kita ikut-ikutan yang malah membuat kita merugi.

Video berikut bisa menambah pemahaman kita:
Apa itu bitcoin?


Cara mendapatkan bitcoin

Tulisan ini adalah pendapat dan opini pribadi penulis, jika ada kesalahan bisa kritik dan sarannya.

Semoga bermanfaat...

Kata kunci:
Bitcoin adalah, crypto currency, cara mendapatkan bitcoin, fluktuasi bitcoin, mata uang digital

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)