Mengenal Diabetes

Diabetes melitus (diabetes) dapat diartikan sebagai meningkatnya jumlah gula (glukosa) dalam darah. Pada umumnya, terdapat dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Untuk kedua jenis diabetes tersebut penjelasannya sebagai berikut:

  1. Diabetes tipe 1. Diabetes tipe ini biasanya terjadi pada orang berusia di bawah 40 tahun, termasuk anak-anak. Perawatan yang dapat dilakukan dengan pemberian suntikan insulin serta penerapan pola makan yang benar (diet)
  2. Diabetes tipe 2. Umumnya terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun meskipun sekarang ini banyak pula di jumpai pada orang yang masih muda sebagai akibat dari obesitas. Diabetes jenis ini mungkin tidak terdeteksi dalam waktu lama karena pasien tidak mengalami keluhan kesehatan
Apa yang terjadi pada Diabetes?

Pankreas adalah kelenjar yang berada di perut bagian belakang yang dihubungkan langsung dengan saluran-saluran menuju usus. Salah satu fungsi utama pankreas adalah mengeluarkan enzim-enzim dalam proses pencernaan makanan. Enzim-enzim tersebut sangat diperlukan untuk memecah makanan menjadi zat-zat gizi dan membantu proses penyerapannya ke tubuh.

Selain memproduksi enzim, pankreas juga menghasilkan hormon yang langsung dialirkan ke saluran darah. Salah satu hormon penting tersebut adalah insulin. Jumlah hormon insulin yang terbatas akan mengakibatkan diabetes. Hormon penting lainnya yang juga dihasilkan oleh pankreas adalah hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon berlawanan dengan insulin. Kedua hormon tersebut dihasilkan oleh pankreas, tepatnya oleh pulau-pulau langerhans.

Mengapa tubuh membutuhkan insulin?

Tanpa insulin, tubuh tidak dapat mengambil manfaat dari makanan yang telah di konsumsi. Makanan dicerna oleh tubuh menjadi zat-zat gizi, seperti glukosa dan asam lemak yang memberi energi. Selain itu, zat-zat tersebut juga berguna untuk membentuk tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, serta berfungsi sebagai cadangan makanan.

Pada penderita diabetes, proses pencernaan berjalan normal, tetapi karena keterbatasan insulin, glukosa dalam darah tidak dapat disimpan, bahkan dikurangi. Gula darah yang jumlahnya melebihi batas normal langsung dibuang melalui urine.

Apakah yang terjadi dengan produksi insulin pada penderita diabetes?

Pada orang yang tidak mengalami diabetes, insulin yang dihasilkan akan langsung dilepas ke peredaran darah saat pruksi gula darah meningkat, yakni setelah orang tersebut makan. Insulin langsung menuju ke hati yang bertugas mengubah glukosa menjadi glikogen. Kemudian, saat tingkat gula dalam darah sudah turun, produksi insulin dihentikan. Sistem produksi insulin yang berjalan dengan baik akan menjaga jumlah gula dalam darah agar tetap berada dalam ambang normal.

Pada penderita diabetes, sistem tersebut tidak berjalan dengan baik. Pada penderita diabetes tipe 2, produksi insulin masih dapat dilakukan, tetapi tidak cukup untuk mengontrol kadar gula darah. Ketidakmampuan insulin dalam bekerja dengan baik tersebut disebut dengan resistansi insulin.

Adapun pada penderita diabetes tipe 1 , jumlah insulin yang diproduksi hanya sedikit atau bahkan tidak ada sehingga penderita memerlukan suntikan insulin untuk menjaga gula darah tetap pada batas normal.

Dikutip dari buku:
Bersahabat dengan diabetes tipe 2. Penerbit penebarplus+, tahun 2011. Penulis: Dr. Charles Fox dan Dr. Anne Kilvert. Halaman 7- 10.

Semoga bermanfaat....

Kata kunci:
Mengenal Diabetes, diabetes adalah, jenis diabetes, insulin adalah, apa itu insulin

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)