Mengenal Marketplace dari sisi Penjual, Pembeli & Dropship
Disaat ini jual beli online sudah mulai di kenal oleh masyarakat. Banyak orang lebih memilih berbelanja online dikarenakan beberapa sebab. Ada yang karena harga lebih murah, lebih mudah, atau karena berbagai promo yang di dapat. Saat ini ada banyak situs atau Marketplace yang terkenal di Indonesia, yuk kita coba mengenalnya...
Saat ini ada beberapa Marketplace yang sudah familiar di masyarakat. Kalau disebutkan sebagai berikut : Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Selain Marketplace tersebut sebenarnya ada yang lain, hanya yang coba di bahas beberapa Marketplace tersebut.
Semua Marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, memiliki daya tarik yang berbeda. Beberapa orang ada yang sudah familiar dan terbiasa pada 1 Marketplace sehingga sulit atau tidak terbiasa dengan Marketplace lain.
Berikut penulis coba jabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Marketplace dari sisi pembeli, penjual dan dropship. Tentunya penjabaran ini masih berdasarkan pengalaman dan pendapat penulis.
#Lazada
Lazada bisa di bilang Marketplace yang paling awal muncul. Kalau kita liat di google play lazada adalah Marketplace yang paling banyak di download ketimbang Marketplace lain.
*Kelebihan:
@Dari sisi pembeli:
- Memiliki variasi produk yang banyak
- Memiliki berbagai promo
- Tempat launching produk baru dengan harga terjangkau dan menarik
- Bisa memberi komentar pada semua produk
@Dari sisi Penjual:
Penulis kurang begitu tahu karena belum mencoba lebih jauh
@ Dari sisi Dropship:
Belum tahu banyak
* Kekurangan
@Pembeli:
- Terkadang harga yang di jual lebih mahal ketimbang Marketplace lain
@ Penjual
- Komentar bisa di nilai siapa saja, termasuk yang tidak membeli, terkadang memberi komentar negatif
- Untuk mendaftar sebagai penjual perlu NPWP / no wajib pajak, sehingga agak merepotkan
@Dropsip: belum mencoba
#Tokopedia
Tokopedia merupakan startup dari Indonesia yang cukup baik daun. Berbagai promo dan program yang mudah digunakan menyebabkan Marketplace ini cukup familiar di masyarakat.
*Kelebihan
@Penjual
- Untuk penarikan dana bisa di katakan sangat cepat, bisa saat itu juga atau kisaran kurang dari 5 menit.
- Ada layanan promo iklan produk yang di jual per jam nya. Asal kita rajin mengklik promo per jam tersebut.
- Tidak usah membayar biaya asuransi barang ke jasa kurir. Asuransi di tanggung pembeli yang di kelola pihak ke 3 yang bekerja sama dengan Tokopedia (Syarat ketentuan)
@ Pembeli
- Ada poin tersendiri yang di dapat dalam setiap transaksi. Dari poin ini menunjukkan "loyalitas" pembeli. Poin ini akan memperoleh berbagai promo tertentu sesuai tingkatan. Biasanya jumlah subsidi ongkir per transaksi dan banyak promonya.
- Ada pusat resolusi dari Tokopedia sebagai penengah yang bisa di bilang cukup tanggap.
@ Dropship
- Ada opsi dan pilihan sebagai dropship, sehingga mempermudah dropship dan penjual.
*Kekurangan
@Penjual:
- Untuk mengupdate layanan ke gold merchant perlu biaya yang cukup.
@Pembeli: Masih tergolong aman
@ Dropship: masih kurang info
#Bukalapak
Bukalapak merupakan startup dari Indonesia juga. Saat ini Bukalapak memiliki brand Nego harga antara penjual dan pembeli.
*Kelebihan:
@Pembeli:
- Ada berbagai promo, yang terbaru ada cash back 30 ribu 2 x (tapi penulis belum coba dan tak tahu syaratnya)
@Penjual : Penulis belum pernah mencoba
@ Dropship: Kurang info, belum mencoba
* Kekurangan
@Pembeli: Ada yang mengatakan untuk komplain dan pengembalian dana membutuhkan waktu cukup lama
@Penjual: Waktu pengiriman dan input resi hanya 2 hari.
@Dropship: kurang info, belum mencoba
#Shopee
Shopee bisa di bilang pendatang baru yang cepat di kenal dalam dunia Marketplace. Hal ini di karenakan Shopee lah pencetus gratis ongkir di dunia jual beli online. Saat awal rilis gratis ongkirnya amat mudah diperoleh, dan dalam 1 hari bisa berkali-kali.
*Kelebihan
@Pembeli:
- Gratis ongkir atau subsidi ongkir dengan syarat tertentu.
-Banyak variasi produk dengan harga yang amat menarik. Apalagi jika ada flash sale.
- Banyak promo cash back atau kupon potongan barga
- Ada layanan asuransi pengembalian dan, bila barang rusak atau tak sesuai dengan yang di beli (sarat dan ketentuan berlaku)
@Penjual:
-Subsidi ongkir mendongkrak penjualan
- Ada promo dan potongan harga untuk pembeli (Entah ini di tanggung penjual atau pihak shopee)
- Ada reward atau penghargaan untuk penjual dengan kategori tertentu setiap bulannya.
@Dropship:
- Ada mode dropship yang mempermudah pihak penjual dan dropship
*Kekurangan
@Pembeli: untuk komplain barang jika tak paham prosedur dana akan diteruskan ke penjual. Jika komplain pihak ke 3 dari shopee tak terlalu terlihat.
@ Penjual: Untuk bisa gratis ongkir harus daftar menggunakan KTP dengan foto wajah. Bagi yang ingin privasi kemungkinan tak menggunakannya.
@ Dropship: Terkadang ada yang menjual kembali barang di Marketplace lain. Biasanya pada alamat pengirim ada logo n tulisan Shopee logistik.
Pada intinya setiap Marketplace memiliki ciri khas masing-masing. Memiliki trik dan intrik tersendiri agar pembeli dan penjual tetap setia menggunakan jasa pada Marketplace masing-masing. Oleh karenanya persaingan antar Marketplace saat ini sangat ketat, selain iklan pada media masa, promo yang menarik pembeli menjadi cara ampuh menarik pembeli dan penjual agar berinteraksi secara online.
Tulisan ini bukan bermaksud untuk mempromosikan suatu Marketplace dan menjatuhkan Marketplace yang lain, hanya sharing pengalaman saja. Tentu ada kekurangan dan kesalahan dalam tulisan mohon dimaafkan. Kritik dan saran membangun sangat di butuhkan...
Semoga bermanfaat....
Saat ini ada beberapa Marketplace yang sudah familiar di masyarakat. Kalau disebutkan sebagai berikut : Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Selain Marketplace tersebut sebenarnya ada yang lain, hanya yang coba di bahas beberapa Marketplace tersebut.
Semua Marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, memiliki daya tarik yang berbeda. Beberapa orang ada yang sudah familiar dan terbiasa pada 1 Marketplace sehingga sulit atau tidak terbiasa dengan Marketplace lain.
Berikut penulis coba jabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Marketplace dari sisi pembeli, penjual dan dropship. Tentunya penjabaran ini masih berdasarkan pengalaman dan pendapat penulis.
#Lazada
Lazada bisa di bilang Marketplace yang paling awal muncul. Kalau kita liat di google play lazada adalah Marketplace yang paling banyak di download ketimbang Marketplace lain.
*Kelebihan:
@Dari sisi pembeli:
- Memiliki variasi produk yang banyak
- Memiliki berbagai promo
- Tempat launching produk baru dengan harga terjangkau dan menarik
- Bisa memberi komentar pada semua produk
@Dari sisi Penjual:
Penulis kurang begitu tahu karena belum mencoba lebih jauh
@ Dari sisi Dropship:
Belum tahu banyak
* Kekurangan
@Pembeli:
- Terkadang harga yang di jual lebih mahal ketimbang Marketplace lain
@ Penjual
- Komentar bisa di nilai siapa saja, termasuk yang tidak membeli, terkadang memberi komentar negatif
- Untuk mendaftar sebagai penjual perlu NPWP / no wajib pajak, sehingga agak merepotkan
@Dropsip: belum mencoba
#Tokopedia
Tokopedia merupakan startup dari Indonesia yang cukup baik daun. Berbagai promo dan program yang mudah digunakan menyebabkan Marketplace ini cukup familiar di masyarakat.
*Kelebihan
@Penjual
- Untuk penarikan dana bisa di katakan sangat cepat, bisa saat itu juga atau kisaran kurang dari 5 menit.
- Ada layanan promo iklan produk yang di jual per jam nya. Asal kita rajin mengklik promo per jam tersebut.
- Tidak usah membayar biaya asuransi barang ke jasa kurir. Asuransi di tanggung pembeli yang di kelola pihak ke 3 yang bekerja sama dengan Tokopedia (Syarat ketentuan)
@ Pembeli
- Ada poin tersendiri yang di dapat dalam setiap transaksi. Dari poin ini menunjukkan "loyalitas" pembeli. Poin ini akan memperoleh berbagai promo tertentu sesuai tingkatan. Biasanya jumlah subsidi ongkir per transaksi dan banyak promonya.
- Ada pusat resolusi dari Tokopedia sebagai penengah yang bisa di bilang cukup tanggap.
@ Dropship
- Ada opsi dan pilihan sebagai dropship, sehingga mempermudah dropship dan penjual.
*Kekurangan
@Penjual:
- Untuk mengupdate layanan ke gold merchant perlu biaya yang cukup.
@Pembeli: Masih tergolong aman
@ Dropship: masih kurang info
#Bukalapak
Bukalapak merupakan startup dari Indonesia juga. Saat ini Bukalapak memiliki brand Nego harga antara penjual dan pembeli.
*Kelebihan:
@Pembeli:
- Ada berbagai promo, yang terbaru ada cash back 30 ribu 2 x (tapi penulis belum coba dan tak tahu syaratnya)
@Penjual : Penulis belum pernah mencoba
@ Dropship: Kurang info, belum mencoba
* Kekurangan
@Pembeli: Ada yang mengatakan untuk komplain dan pengembalian dana membutuhkan waktu cukup lama
@Penjual: Waktu pengiriman dan input resi hanya 2 hari.
@Dropship: kurang info, belum mencoba
#Shopee
Shopee bisa di bilang pendatang baru yang cepat di kenal dalam dunia Marketplace. Hal ini di karenakan Shopee lah pencetus gratis ongkir di dunia jual beli online. Saat awal rilis gratis ongkirnya amat mudah diperoleh, dan dalam 1 hari bisa berkali-kali.
*Kelebihan
@Pembeli:
- Gratis ongkir atau subsidi ongkir dengan syarat tertentu.
-Banyak variasi produk dengan harga yang amat menarik. Apalagi jika ada flash sale.
- Banyak promo cash back atau kupon potongan barga
- Ada layanan asuransi pengembalian dan, bila barang rusak atau tak sesuai dengan yang di beli (sarat dan ketentuan berlaku)
@Penjual:
-Subsidi ongkir mendongkrak penjualan
- Ada promo dan potongan harga untuk pembeli (Entah ini di tanggung penjual atau pihak shopee)
- Ada reward atau penghargaan untuk penjual dengan kategori tertentu setiap bulannya.
@Dropship:
- Ada mode dropship yang mempermudah pihak penjual dan dropship
*Kekurangan
@Pembeli: untuk komplain barang jika tak paham prosedur dana akan diteruskan ke penjual. Jika komplain pihak ke 3 dari shopee tak terlalu terlihat.
@ Penjual: Untuk bisa gratis ongkir harus daftar menggunakan KTP dengan foto wajah. Bagi yang ingin privasi kemungkinan tak menggunakannya.
@ Dropship: Terkadang ada yang menjual kembali barang di Marketplace lain. Biasanya pada alamat pengirim ada logo n tulisan Shopee logistik.
Pada intinya setiap Marketplace memiliki ciri khas masing-masing. Memiliki trik dan intrik tersendiri agar pembeli dan penjual tetap setia menggunakan jasa pada Marketplace masing-masing. Oleh karenanya persaingan antar Marketplace saat ini sangat ketat, selain iklan pada media masa, promo yang menarik pembeli menjadi cara ampuh menarik pembeli dan penjual agar berinteraksi secara online.
Tulisan ini bukan bermaksud untuk mempromosikan suatu Marketplace dan menjatuhkan Marketplace yang lain, hanya sharing pengalaman saja. Tentu ada kekurangan dan kesalahan dalam tulisan mohon dimaafkan. Kritik dan saran membangun sangat di butuhkan...
Semoga bermanfaat....
Comments
Post a Comment