Menjaga kinerja Otak tetap Optimal

Otak adalah salah satu organ manusia yang paling pokok. Didalamnya terjadi berbagai proses yang membuat manusia tetap hidup, dari bernafas, detak jantung, dst. Bahkan otak manusia yang membedakan kita dengan makhluk lain. Oleh karenanya kita amat perlu menjaga kinerja otak tetap optimal.

Otak kita sebenarnya tidak perlu perawatan yang begitu terlihat. Namun dengan perawatan sederhana kita bisa membuat otak kita tetap bisa bekerja dengan baik dan optimal.

Otak manusia yang beratnya berkisar 1,5 - 2,5 kg ini membutuhkan cukup banyak energi dalam melakukan berbagai proses. Otak yang dominan memiliki kandungan air, tentu tak boleh kekurangan air. Nah dari sini ada beberapa hal yang perlu kita jaga


  • Menjaga apa yang kita makan. Pilih makanan yang baik untuk otak kita, dan menghindari makanan yang tak baik bagi otak. Contoh makanan yang baik bagi otak:  ikan yang kaya kandungan minyak omega 3, untuk makanan yang perlu di hindari makanan yang mengandung MSG atau penguat rasa, yang katanya bisa merusak atau menggangu kinerja otak
  • Minum air yang cukup. Karena kandungan otak yang banyak mengandung air, tentu kita tak boleh kekurangan air. 
  • Sering membaca buku dikatakan sangat membantu dalam mengasah otak. Dengan membaca banyak bagaian saraf otak yang di pacu untuk bekerja. Sangat berbeda dengan menonton video atau TV yang terlalu menuntut kinerja otak.
  • Belajar bahasa baru. Sama seperti membaca buku, belajar bahasa baru tentu mengasah dan membuat jalinan baru antar sel otak, khususnya pada bagian yang memproses bahasa.
  • Istirahat yang cukup. Saat istirahat atau tidur otak kita sebenarnya melakukan fungsi yang berbeda saat kita lagi terbangun. Saat tidur kita akan memproses informasi/ pengalaman yang kita dapatkan pada hari tersebut. Jika ada informasi yang dirasa tak penting maka kemungkinan akan "diendapkan" dan bahkan terlupakan.
  • Hindari stress berlebihan. Saat kita stress ada kemungkinan kita membuat otak mengalami suatu gangguan. Rasa tertekan kadang membuat kinerja otak tak berjalan optimal.
  • Sempatkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Dengan olahraga, aliran darah ke otak akan lebih lancar, unsur atau zat yang dibutuhkan otak akan lebih banyak di suplai darah.
Ada beberapa penyakit yang sering menyerang otak. Biasanya ada migrain, tumor, stroke, pusing-pusing. Tentu tiap penyalin ada penjabarannya masing-masing, namun cara paling tepat untuk menghindari diri dari penyakit tersebut adalah menjaga pola hidup sehat.

Setidaknya kita pernah merasakan pusing-pusing. Jika kita mengalami pusing-pusing, kita perlu mengevaluasi, mengecek pola hidup kita yang perlu diperbaiki. Dari pola makan, pola berpikir, pola istirahat kita. Jika kita telah berusaha menjaga selalu pola hidup sehat, maka dampak buruk yang menimpa otak bisa di hindari.

Jika ada kesalahan dalam tulisan ini mahoni maaf. Kritik dan saran yang membangun sangat dinantikan. 

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)