Stop Depresi

Depresi adalah suatu perasaan amat tertekan yang membuat seseorang seakan merasa tak ada jalan keluar dari masalahnya, membuat seseorang kehilangan arah dan tujuan hidupnya. Depresi merupakan suatu gejala atau tingkatan perasaan yang diakibatkan dari suatu perasaan tertekan atau stress yang tak segera diatasi. Apa yang bisa kita lakukan jika seseorang sudah pada tahap depresi?

Sebelum membahas mengenai langkah mengatasi atau menghentikan depresi ada baiknya kita mengetahui beberapa gejala seseorang sudah pada tahapan depresi.

Untuk beberapa gejalanya sebagai berikut:

  1. Seseorang terlihat tertekan atau stress yang berkelanjutan dalam waktu lama
  2. Terlihat murung dan tak bergairah
  3. Sering melamun dan memiliki pandangan kosong tak bergairah
  4. Cepat marah dan mudah tersinggung
  5. Menutup diri dan tidak mau diajak berkomunikasi
  6. Sulit untuk tidur atau insomnia
  7. Fisik dan pikiran terlihat amat lelah
  8. Mudah terserang penyakit dikarenakan daya tahan tubuh yang menurun
  9. Kehilangan rasa suka atau senang terhadap suatu hobi yang biasa dilakukan
  10. Prestasi di sekolah, kampus atau kantor yang menurun drastis
Dari beberapa gejala tersebut, jika seseorang memiliki atau merasakan mengalami beberapa poin diatasi, ada baiknya untuk mencoba manyembukan diri sendiri atau meminta bantuan untuk menyembuhkan diri dari depresi ini.

Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk diri sendiri atau keluarga, Sabahat, temen yang mengalami depresi. Berikut beberapa hal tersebut:
  • Berusaha memaafkan kesalahan diri atau kesalahan seseorang terhadap diri kita. Terkadang kita merasa amat tertekan dan kecewa berat kepada diri atau orang lain yang melakukan kesalahan. Membuat kita merasa hancur dan tak ada makna dalam menjalani hidup. Peran berlapang dada dan memaafkan, bisa menjadi langkah awal.
  • Meminta saran, masukan kepada orang kepercayaan. Bisa ortu, teman atau sahabat. Jadi kita menitipkan rahasia berupa suatu masalah kepada orang tersebut, meminta saran dan solusi bisa kita lakukan.
  • Dekatkan diri kepada Tuhan dengan tingkatkan iman dan takwa. Berkeluh kesah kepada sesama manusia terkadang kita merasa kecewa, karena rahasia yang dititipkan tak terjaga. Jadi ada baiknya saat berdoa atau beribadah mohon ditunjukkan jalan keluar dari masalah yang di hadapi.
  • Lakukan suatu hal baru. Dengan melakukan hal baru kita akan merasakan semangat baru, memicu kita untuk memperbaharui pola pikir serta membantu kita dalam menemukan jalan keluar masalah dengan pola yang baru
  • Perbanyak bersyukur. Kadang karena kekecewaan mendalam, rasa amarah yang membara, membuat seseorang merasa hancur. Ada baiknya kita mensyukuri hal kecil yang ada disekelilingnya kita, dengan demikian kita akan merasakan kenikmatan tersendiri.
  • Lakukan olahraga sederhana dan rutin. Olahraga selain membuat fisik kuat, juga mampu nyehatkan jiwa kita. Olahraga membuat aliran darah menjadi lancar dan membuat kita merasakan kelegaan, ketenangan dan kesenangan setelahnya. Hal ini tentu dapat membuat kita lebih mudah berpikir untuk menemukan solusi masalah yang dihadapi.
  • Liburan dalam waktu tertentu. Tentukan waktu tertentu untuk diri sendiri yang benar-benar tak boleh diganggu. Baik itu berpergian ketempat wisata bersama keluarga atau pergi ke tempat yang dapat menenangkan perasaan dan pikiran. Lupakan beban, masalah dan tugas. Intinya buat tubuh dan pikiran beristirahat.
  • Tambah ilmu dan pengetahuan selalu. Dengan menambah ilmu dan pengetahuan, tentu kita memiliki sudut pandang yang baru dan lebih luas. Jadi kita lebih kuat dan tahan terhadap suatu masalah. Kita tak mudah kehilangan arah, tujuan atau berputus asa. 
  • Jangan pernah merasa sendiri. Disaat depresi seseorang merasa Orang paling menderita, paling susah, paling buruk dst. Yakin kan diri bahwa kita tak sendiri, banyak orang yang lebih susah dari kita, lebih menderita dari kita. Yakinlah di belahan dunia lain ada yang senasib dengan kita.
  • Yakin setelah 1 kesulitan ada 2 kemudahan. Yakinkan diri setelah masa sulit dan kelam yang kita alami saat ini ada banyak kemudahan yang kita dapatkan. Hanya perlu bersabar dan berusaha untuk melewati masa sulit saat ini. Ambil pelajaran darinya dan perbaiki diri selalu.
  • Perhatian dari keluarga terdekat, ortu, sahabat sangat membantu proses penyembuhan depresi. Ciptakan kehangatan dan kasih sayang di sekitar orang yang mengalami depresi, tentu sangat menenangkan dan meringankan tekanan orang yang depresi.
  • Datangi rumah sakit jiwa, dokter jiwa atau psikiater untuk membantu menyembuhkan depresi ini. Disana kita akan di bantu untuk menemukan cara terbaik menyembuhkan diri dari depresi. Bantuan para ahli akan sangat efektif jika kita juga berjuang dan berniat untuk menyembuhkan diri. Biasanya selain menjalin komunikasi dengan pasien para dokter atau psikiater akan meresepkan obat yang dapat membantu proses penyembuhan.
Orang yang merasa depresi berat cendrung kehilangan semangat hidupnya, terkadang orang yang depresi berat merasa mengakhiri hidup menjadi pilihan yang dianggap dapat menyelesaikan masalahnya. 

Jika diri kita atau ada saudara, kerabat kita mengalami depresi ini, kita sebaiknya berusaha membantu meringankan bebannya, bantu proses penyembuhannya. Bantu mereka untuk menemukan kembali cahaya dan arah hidupnya.

Semoga bermanfaat....

Kata kunci:
Depresi adalah, mengatasi depresi, proses penyembuhan depresi, penyebab depresi, tanda dan gejala depresi, bahaya depresi.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)