Ayo Hitung Waktu Bermedsos kita

Media Sosial (Medsos) dijaman saat ini rasanya sudah menjadi hal yang biasa, malah kadang ada yang menjadikannya sebagai kebutuhan. Apalagi variasi medsos saat ini beragam dengan fitur yang menarik. Dari Facebook, Instagram, Twitter, dst. Tapi sadar nggak ya dunia medsos ini banyak menyerap waktu kita.

Bukan golongan remaja atau dewasa saja yang memiliki akun medsos, banyak saat ini yang masih anak-anak memiliki berbagai akun medsos. Bahkan tidak hanya 1 akun. Ini pertanda betapa besarnya pengaruh media sosial pada saat ini.

Tidak hanya untuk berbagi informasi, kisah, foto-foto, video, Medsos ini bisa jadi sarana untuk berjualan, bermain game. Banyaknya fitur yang menarik ini membuat kita sering lupa waktu. Karena memberi rasa senang, kebahagian tersendiri media sosial begitu memiliki daya tarik untuk terus di buka, di cek atau di rawat.

Terkadang kita merasa lebih di perhatikan oleh banyak orang di dunia medsos . Fitur tombol like, hati atau berbagai emoticon lain menambah rasa senang, dan di perhatikan. Komentar yang menarik dari teman-teman menambah semangat kita untuk terus eksis di dunia medsos.

Nggak semua sih pingin eksis di medsos, tapi emang bisa jadi cara efektif untuk menjadi pusat perhatian.

Tapi sadar nggak, tanpa terasa medsos ini bisa mempengaruhi karakter dan kepribadian kita. Entah itu positif atau negatif. Tergantung dari niat awal, dan upaya kita dalam memilih informasi yang diserap dari medsos.

Di tempat kerja, di rumah, disekolah, di berbagai tempat tanpa terasa kita sering sekali mengecek, membuka akun medsos yang kita miliki. Seakan separuh kehidupan, dunia kita ada di media sosial.  Emang terdengar aneh, tapi itu banyak terjadi.

Mungkin sebagian besar waktu yang ada kita habiskan untuk membuka, merawat akun medsos kita. Nggak salah sih selama niat, tujuan dan yang dilakukan baik.

Yang jadi masalah adalah jika Bermedsos ternyata malah memberi dampak buruk bagi kepribadian kita. Umpamanya kita jadi cendrung berpikiran negatif, iri, dengki, dst. Tentulah kita termasuk orang yang merugi.

Jika sudah berdampak negatif, perlu kita ubah niat, pola dan tindakan kita dalam Bermedsos. Jauhi hal yang negatif, atau setidaknya jauhi hal yang kurang manfaat.

Bermedsos jangan hanya untuk meng-kepo-in akun orang yang disukai, melihat seratus teman,kerabat dan keluarga yang malah bikin iri, dengki dan hasut. Jauhi akun atau info yang berbau kekerasan, pornografi, fitnah, hoax.

Cerdas dalam Bermedsos itu adalah tanda kita menghargai waktu yang kita miliki. Bermedsos yang baik akan memberi dampak positif bagi kehidupan kita.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)