Berani Membuat Keputusan dan Bertanggung jawab

Membuat suatu keputusan kadang merupakan hal yang berat bagi sebagian orang. Entah karena takut membuat suatu keputusan yang salah, tidak biasa membuat keputusan.  Nah seorang pemimpin yang baik di tuntut untuk bisa membuat keputusan, terkadang harus cepat dan berani.

Dalam suatu organisasi, perusahaan dalam menghadapi suatu permasalahan dan pilihan-pilihan seorang pemimpin di tuntut untuk berani membuat ke putusan. Seorang pemimpin yang terbiasa membuat keputusan, telah terbiasa untuk membaca permasalahan, melihat peluang, menganalisa kendala, diskusi dan kerjasama tim jadi pertimbangan.

Dalam membuat keputusan terkadang ada kesalahan yang terjadi, dan di saat itulah si pengambil keputusan harus bertanggung jawab.  Memang tidak mudah dan terasa berat. Namun jika suatu keputusan yang di buat membuahkan hasil yang positif, kita bisa mendapatkan kepuasan tersendiri.

Untuk bisa membuat keputusan yang tepat, di butuhkan latihan yang berkelanjutan. Bukan hal yang instan dan mudah diperoleh. Kebiasaan di rumah sangat berpengaruh, bagaimana orang tua mendidik, lingkungan bergaul yang dipilih, buku yang di baca.

Contoh kalau seseorang dari kecil dalam membuat suatu pilihan selalu di tentukan dan di arahkan orang tua, saat dewasa kemungkinan besar si anak ini akan kesulitan membuat keputusan, bergantung ke pada orang tuanya. Bingung dalam membuat ke putusan, takut salah, cendrung menunggu arahan.

Berbeda dengan orang yang terbiasa di hadapi masalah dan banyak pilihan, kemampuan dalam membuat keputusannya akan terasah. Baik dalam menganalisa permasalahan, mengumpulkan informasi, mengumpulkan saran dan masukan dari tim.

Jadi dalam membuat keputusan perlu juga kita berdiskusi dan meminta saran dari kelompok, teman, keluarga, dst. Namun apa yang kita putuskan tersebut berdasarkan kehendak kita sendiri dan berani mempertanggung jawabkan segala konsekuensi yang terjadi di kemudian hari.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)