Penanganan jika Unit PLTU Trip

Sedikit share pengalaman, jika menghadapi keadaan darurat dan tiba-tiba pada unit pembangkit PLTU, khususnya operator Turbin. Keadaan darurat ini memerlukan tindakan pengamanan agar unit atau mesin turbin tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Terkadang unit di PLTU mengalami trip atau mati tiba-tiba karena proteksi pengaman unit, baik itu karena vibrasi, temperatur. Atau penyebab yang disebabkan human error' atau kesalahan operator dalam pengoprasian.

Jika trip mendadak ada beberapa kemungkinan yang terjadi: Air pada condensat tiba-tiba terkuras, demikian juga Air pada daerator. Terkadang water hammer terjadi pada jalur air atau steam.

Jika air tiba-tiba terkuras kemungkinan besar karena saat trip biasanya steam akan di buang melalui ekshaus pada boiler, agar menghindari penumpukan steam berlebih pada jalur steam. Karena uap banyak terbuang, otomatis air akan terserap. Apalagi jalur steam pada boiler kondisinya masih amat panas, sehingga aman banyak air yang terbuang pada ekshaus ini.

Solusinya bisa segera menyalakan pompa Demin, untuk mengisi condensat dan daerator. Jika ada 2 pompa gunakan keduanya. Buka jalur bypass agar lebih cepat proses pengisiannya. Jalur air keunit lain bisa dikurangi.

Masalah water hammer biasa disebabkan oleh mesin pompa baik itu condensat atau BFWP ada yang mati. Sirkulasi air tiba-tiba terhenti dan menyebabkan perbedaan suhu yang cukup inggin secara tiba-tiba. Jika kasus ini terjadi, segera menyalakan mesin pompa yang mati itu lagi dengan tetap memperhatikan parameter yang tersedia.

Selain itu yang perlu di cek dan perhatikan adalah dari mana sumber HP Auxiliary berasal. Ini sangat penting. Jika ada 2 unit turbin, contohnya turbin unit 2 trip dan sumber HP Auxiliary nya dari Unit 2 maka harus segera di tukar ke unit 1. Hal ini sangat penting, karena dari HP Auxiliary ini lah vakum turbin berasal. Jika vakum rusak bisa menyebabkan unit trip, dan bisa merusak unit/turbin.

Mungkin ini dulu yang bisa dishare....

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)