Belajar Jadi Lebih Ramah

Ramah identik dengan orang yang sering menyapa, sering menebar senyuman, merasa nyaman saat di ajak bicara. Tapi kadang tidak semua orang bisa menjadi ramah. Entah karena bawaan, pengaruh lingkungan atau sudah kebiasaan 'cemberut'

Orang yang ramah biasanya memiliki kawan yang lebih banyak, bisa lebih mudah untuk dikenal dan dikenang, mudah mencairkan suasana. Inilah beberapa manfaat memiliki sifat ramah.

Banyak dari kita merasa sifat ramah ini adalah bawaan dari lahir, karena tidak semua orang bisa. Memang pendapat ini ada benarnya, tapi jika kita ingin memiliki suatu sifat atau mengganti sifat buruk kita tentu ada jalan untuk mempelajarinya. Dengan belajar dan berlatih sifat ramah bisa kita miliki.

Butuh waktu yang cukup dan memiliki sifat Konsisten yang tetap terjaga. Butuh juga lingkungan yang mensupport melakukan perubahan dan pembiasaan menjadi ramah ini.

Berikut beberapa hal yang bisa kita coba untuk melatih sifat ramah:

  • Belajar untuk selalu tersenyum. Kadang khawatir juga sih jika tersenyum terus, ntar disangka gangguan jiwa. Hehe... Tapi perlu lho dilatih, apalagi orang yang terbiasa bermuka masam (cemberut, marah,dst). 
  • Mencoba untuk memulai percakapan. Ini terasa berat untuk yang belum terbiasa. Biasanya kita bingung memulai pembicaraan dengan topik apa, takut salah berbicara.
  • Saat berkenalan dengan orang baru, selalu berusaha untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Contoh kalimatnya? "Pak kalau boleh tahu siapa namanya?, Saya Tomi". Intinya sebelum menanyakan ke orang coba kita perkenalkan diri terlebih dahulu.
  • Melakukan kontak fisik yang bersahabat. Bersalaman contohnya.
  • Pelajari topik umum yang bisa di bicarakan. Asal jangan bertopik SARA, karena bisa menyinggung lawan bicara. Jika orang yang sudah dikenal, sebelum berbicara bisa kita cari topik yang menarik untuk dibicarakan.
Itu beberapa langkah yang bisa dicoba, pada intinya kita memiliki kemampuan dan kapasitas bersifat ramah tersendiri. Kita perlu mengukur hal itu terlebih dahulu. 

Jika kita merasa sebenarnya orang yang tertutup dan pemalu, ada baiknya kita mulai dari hal yang kecil, contoh selalu tersenyum jika bertemu teman. Mencoba dari lingkup yang kecil dahulu. Berbicara dengan 1 orang teman. Nanti di kembangkan perlahan sesuai dengan kemampuan.

Bagi yang belum terbiasa bersikap ramah, pada mulanya akan terasa berat dan menguras banyak tenaga. Dengan pembiasaan yang berlanjut dan konsisten maka kita akan memiliki sifat ramah.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)