Kreatifitas yang harus Diasah

Kreatifitas adalah hal yang di butuhkan di zaman saat ini. Kita membutuhkannya untuk membuat suatu kreasi baru, pola baru atau hal inovatif lainnya. Namun untuk bisa kreatif itu bukanlah hal yang mudah perlu di latih dan pengulangan yang berkelanjutan.

Kadang ada salah persepsi bahwa orang yang kreatif itu adalah orang yang emang pemberian sejak lahir nggak bisa sembarangan orang memiliki sifat kreatif. Apa iya?

Sepertinyaya kreatifitas bisa di latih. Mungkin hal ini bisa dicoba:

  • Berpikir positif. Jangan memberi penilaian atau sugesti kepada diri kita tidak bisa. Coba di ubah menjadi "belum bisa". Emang apa bedanya? Tidak bisa berarti ya tidak bisa. Kalau belum bisa berarti ada kemungkinan di waktu lain akan bisa. Hayo!! Di ubah yang kebiasaan bilang "tidak bisa" menjadi "belum bisa".
  • Sering mencoba atau melatih hal baru. Disini kita harus konsisten mengasah otak untuk membentuk suatu pola pikir baru, kebiasaan baru yang positif. Dari hal baru ini nantinya akan terjadi koneksi atau hubungan antara sel saraf di otak. Koneksi saraf yang semakin banyak sangat membantu kreatifitas kita untuk berkembang.
  • Bergaul dan mencari lingkungan yang kreatif. Ya, sudah tentu teman dan lingkungan sangat berpengaruh pada kejiwaan atau pola pikir seseorang. Bisa kita lihat pada perusahaan Google, para pegawainya selalu di tuntut untuk kreatif. Tuntutan ini difasilitasi oleh perusahaan dengan lingkungan perusahaan yang kreatif dan inovatif pula. Jauh dari kata formal.
  • Membaca, menulis dan menggambar bisa jadi sarana yang amat baik untuk melatih kreatifitas seseorang.
  • Mau terus belajar dan tak cepat puas. Di zaman di mana informasi begitu cepat diperoleh saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat berkembang, bahkan seakan terasa tak bisa terkejar. Oleh karenanya semangat belajar harus tetap di asah dan di jaga.
Kreatifitas adalah suatu aset bagi seseorang. Kadang terlihat melawan arus kebiasaan,  hal ini dikarenakan merupakan hal yang baru atau mengkombinasikan hal yang ada menjadi yang baru. 

Tentu kreatifitasnya harus diarahkan ke hal positif ya, bukan hal yang mengatakan ke hal negatif. Soalnya banyak orang yang kreatif tapi untuk melakukan kejahatan atau hal buruk.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)