Mengasah Kreatifitas

Kreatifitas bisa diartikan sebagai melakukan sesuatu yang baru, membuat kombinasi baru dari hal yang telah ada. Mungkin mirip ya dengan inovatif. Disaat ini kreatifitas bisa dikatakan sesuatu yang dibutuhkan dan dihargai. Olehkarena perlu kita latih dan kembangkan.

Kreatifitas bukanlah bawaan dari lahir. Perlu latihan, pembiasaan atau pengulangan yang berulang. Lingkungan hidup juga sangat mempengaruhi kreatifitas seseorang.

Anak kecil biasanya memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi. Mungkin ini karena jaringan otak anak kecil yang lagi gencarnya berkembang, koneksi antar sel saraf yang lagi aktif membentuk hubungan / koneksi baru. Selain itu anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tak takut gagal, ingin belajar hal yang baru.

Beda jika yang sudah bertambah dewasa, kadang kita membuat halangan atau gembok dalam pikiran kita, yang membatasi kreatifitas diri. Mungkin karena kita sudah mampu "berpikir logis" yang membuat kita takut salah, gagal. Ingin memilih jalur yang aman dan mudah.

Jadi kalau dirangkum untuk meningkatkan dan mengasah kreatifitas yang bisa kita lakukan sbb:

  1. Berani melakukan, belajar sesuatu yang baru
  2. Jangan takut gagal, salah
  3. Tidak membatasi pemikiran
  4. Pilih lingkungan yang mensupport mendukung jiwa kreatifitas
  5. Tidak cepat puas dalam hal ilmu yang dimiliki (belajar terus)
  6. Mencoba mengkombinasikan hal biasa yang ada disekitar, untuk membuat sesuatu yang baru
  7. Belajar dan menyukai pola baru.
Ada banyak metode yang bisa kita gunakan untuk mendukung data kreatifitas kita, salah satunya pemetaan pikiran / mind mapping. Suatu catatan yang terdiri dari gambar dan tulisan yang menarik dengan cabang-cabang yang bersumber dari satu kata/ ide pikiran.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)