Rileksasi Tubuh

Tubuh kadang merasakan ketegangan yang teramat sangat. Entah karena di pengaruhi oleh kondisi atau pengaruh lingkungan, situasi yang membuat tegang, atau karena pengaruh karena kondisi fisik, entah itu sakit, habis lelah karena kegiatan fisik yang berat. Kira-kira gimana ya cara untuk membuat tubuh lebih rileks setelah ketegangan tersebut?

Tiap kondisi memiliki cara tersendiri untuk membuat tubuh lebih rileks atau tenang, tapi nggak semua bisa di semua orang ya.

Kalau ketegangan di sebabkan keadaan atau pengaruh kejiwaan mungkin hal ini bisa di coba:

  • Bisa sesekali ke tempat wisata atau berlibur ke tempat orang mereleksasikan Pikatan. Membuang segala kepenatan dan tuntutan pekerjaan. Bisa ke pantai, ke bukit, pegunungan atau tempat lainnya.
  • Memasrahkan segala permasalahan dan kepenatan kepada Allah Subhanahuwataalla. Kita pasrahkan semua kepenatan, ketegangan yang kita rasakan kepada-Nya. Mohon di peri peri petunjuk, ketenangan dalam menghadapi segala permasalahan.
  • Bersyukur. Dengan bersyukur segala kesusahan akan runtuh, nikmat akan ditambahkan.
  • Perbanyak silaturahmi. Dengan bersilaturahmi selain membantu menyelesaikan permasalahan, memperpanjang umur juga mempermudah rejeki.
  • Lakukan hobi yang bermanfaat dan positif. Bisa menulis, berolahraga, membaca, dst. Hal ini tentu membantu pikiran dan fisik menjadi lebih tenang.
  • Belajar teknik sederhana mengontrol atau memanajemen stress. Biasanya dengan mencoba dan melatih teknik pernafasan.
Jika ketegangan di akibatkan pengaruh fisik beberapa hal ini bisa dicoba:
  • Istirahat yang cukup. Tidur dengan nyenyak bisa menjadi "obat" bagi fisik yang mengalami ketegangan. Jika tidur berkualitas maka secara fisik dan jiwa bisa lebih sehat.
  • Menjaga pola hidup sehat. Dari pola makan, apa yang dimakan, pola istirahat, dst. Dengan demikian fisik akan lebih sehat dan terhindar dari ketegangan fisik.
  • Berolahraga ringan hingga sedang yang teratur bisa membantu fisik tetap segar dan bugar. Rutin berolahraga juga sangat membantu konsentrasi kita dalam beraktifitas dan meningkatkan kualitas tidur kita.
  • Rutin cek kesehatan. Kesehatan kadang perlu investasi lebih dan kepedulian dari diri kita sendiri. Mengecek kesehatan secara umum sangat membantu. Dari cek kadar gula, kolesterol, asam urat dll. Jika ada hal yang kurang baik bisa segera ditangani dan diatasi.
  • Peka terhadap kondisi fisik. Jika ada keadaan atau kondisi yang membuat kita tidak nyaman mungkin bisa menjadi tanda atau peringatan untuk kita. Dengan itu kita lebih cepat untuk mengambil tindakan, memperbaiki pola hidup kita agar lebih sehat.
Yang di paparkan hanya langkah taktis yang mungkin bisa dicoba, yang penulis coba pelajari dan praktikkan. Mungkin ada yang tidak tepat. Mohon kritik dan saran.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)