Hikmah Gempa Lombok

Lombok dilanda gempa yang berturut-turut. Sudah berkisar 1 bulanan Lombok terkena gempa, hampir di setiap hari. Ada beberapa kali gempa yang cukup besar yang menyebabkan banyak rumah roboh dan korban jiwa bertambah. Tentu ada hikmah dari setiap kejadian yang terjadi, termasuk gempa di Lombok ini.

Rumah banyak yang roboh, banyak anggota keluarga menjadi korban. Tentu membawa rasa kesedihan dan trauma. Sedih di tinggal anggota keluarga yang .Meninggal secara tiba-tiba, trauma khawatir akan terjadi gempa susulan.

Banyak yang membuat tenda pengungsian, sebagai rumah baru karena rumah roboh, atau karena rasa khawatir akan gempa susulan.

Keadaan sosial ekonomi juga mengalami gangguan. Jual beli agak mengalami kendala, banyak toko yang tutup karena rasa takut gempa susulan, banyak toko yang terkesan dampak gempa.

Namun banyak para donatur dan relawan yang datang membantu. Baik dari bantuan berupa beras, makanan cepat saji (Mie Instan), air minum atau kebutuhan pokok lainnya. Bantuan berupa pakaian layak pakai, selimut, terpal juga banyak disalurkan.

Pemerintah pun menjanjikan akan memberi bantuan bagi setiap korban yang mengalami kerusakan rumah. Untuk yang rusak parah akan mendapat bantuan berkisar 50 juta.

Selain berupa bantuan material tersebut, masyarakat yang terdampak gempa parah membutuhkan pertolongan dalam bentuk penyembuhan rasa trauma atau biasa disebut trauma healing. Utamanya anak-anak yang sudah mengerti. Orang tua pun juga membutuhkannya. Oleh karenanya banyak relawan yang juga bertugas untuk memberi trauma healing kepada masyarakat atau memberi pelatihan trauma healing kepada relawan lainnya. Ini untuk mempermudah dan mempercepat proses penyembuhan rasa trauma.

Butuh waktu lama memang, ditambah lagi keadaan alam yang masih belum stabil, masih sering terjadi gempa susulan walau terasa kecil. Namun hal ini tentu memberi rasa khawatir tersendiri. Belum lagi isu tsunami, jejak telapak tangan di tembok rumah, dst.

Proses pembangunan rumah pun butuh waktu cukup lama. Dari pembersihan sisa reruntuhan, atau proses merobohkan rumah yang telah retak parah. Perlu sinergi atau kerja sama dari berbagai pihak untuk mempercepat proses "penyembuhan"

Hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian gempa di Lombok ini ada banyak sekali:

  • Mengingatkan kita sebagai makhluk yang tak memiliki daya dan upaya. Ada kuasa Allah di atas semua kejadian. Mengingatkan untuk bertobat dan meningkatkan kualitas ibadah.
  • Rasa persatuan dan persaudaraan meningkat dan semakin erat. Dari tetangga, sesama korban atau pihak lain yang bersimpati akan saling tolong menolong.
  • Alam banyak di rusak oleh kita, sehingga kita merasakan sedikit dari akibat yang telah kita lakukan.
Mungkin itu dulu yang terpikir.

Semoga kejadian gempa di Lombok ini menjadikan kita lebih baik, memperbaiki diri, saling peduli dengan sesama.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)