Insomnia

Insomnia adalah gangguan atau kesulitan untuk tidur. Kita tentu pernah merasakannya. Entah karena ada suatu masalah atau karena pikiran yang sedang kacau. Jika mengalami gangguan insomnia biasanya bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Gangguan tidur tentu sangat membuat kita tak nyaman. Apalagi tidur adalah metode paling dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki diri. Untuk itu ada baiknya kita mencoba mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi insomnia.

Insomnia bisa di sebabkan oleh hal berikut:

  • Fisik yang terlalu lelah atau sedang mengalami sakit.
  • Pikiran yang sedang kacau, tertekan, stress atau bahkan depresi.
  • Jet lag. Gangguan tidur di akibatkan perpindahan tempat yang jarak waktunya cukup jauh.
  • Polar tidur yang berubah. Hal ini tentu sering di alami oleh pekerja yang menggunakan sistem shift.
  • Pengaruh obat atau zat kimia.
Fisik yang sedang lelah atau sakit tentu dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Tak jarang karena sakit kita memiliki pola tidur yang berubah.

Jika kita mengalami tekanan terhadap suatu permasalahan. Biasanya kita cendrung mengalami tekanan pada pikiran. Kadang permasalahan terus terlintas yang membuat kita sulit untuk beristirahat tidur.

Berpergian antar negara menggunakan pesawat tentu membuat perbedaan waktu atau jam. Jadi jam biologi tubuh butuh penyesuaian waktu. 

Jika pekerja yang menggunakan sistem shift. Utamanya saat yang sudah terbiasa masuk atau piket malam, dan mengalami pertukaran jadwal ke shift pagi atau siang. Kadang hal ini membuat kita tak bisa tidur di balam malam harinya.

Terkadang obat yang kita minum bisa mengganggu kualitas tidur kita. Zat kimia yang masuk tubuh juga mempengaruhi, contohnya caffein pada kopi atau minuman berenergi. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab insomnia.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi insomnia:

  • Memasrahkan permasalahan atau kesulitan kepada Allah Subhanahuwataalla. Sebagai orang yang beriman tentu kita yakin ada yang Maha berkuasa, kita sebagai makhluk memiliki amat banyak kekurangan dan keterbatasan, jadi tentulah kita membutuhkan pertolongan dari -Nya.
  • Lakukan olahraga ringan-sedang dan rutin 2 jam sebelum tidur. Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.
  • Membaca buku sebelum tidur. Entah kenapa bagi kebanyakan orang metode ini cukup berhasil. Luangkan membaca hal yang di senangi beberapa saat, biasanya rasa kantuk akan datang. 
  • Jauhi dari peralatan elektronik sebelum tidur. Dari smartphone, laptop atau TV. Tentu kita mengetahui segala peralatan elektronik tersebut dapat membuat kita tetap segar dan terjaga.
  • Jika pikiran terlalu terfokus kepada suatu titik, berusahalah untuk mengalihkannya. Kadang entah karena berkesan, atau ada suatu permasalahan pikiran kita jadi begitu terjaga memikirkan satu atau beberapa hal. Tentu hal ini akan mengganggu pikiran kita. Pengalihan bisa dengan membaca, ngobrol dengan keluarga, dst.
  • Hindari penggunaan obat tidur. Penggunaan obat tidur dapat kita gunakan dalam kondisi yang amat terpaksa dan tidak ketergantungan. Obat tidur dikhawatirkan membuat seseorang menjadi kecanduan, dan selalu meningkatkan dosis obat.
  • Belajar teknik relaksasi dan manajemen stres. Bisa dengan melatih pernafasan, membuat jurnal harian, atau berbagi cerita dengan orang kepercayaan.
Tentu insomnia ini sangat mengganggu apalagi seseorang yang membutuhkan tenaga dan kesehatan fisik dan pikiran untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Kebayang kalau kita punya banyak tugas, namun badan dan pikiran sudah terasa lelah karena tak bisa tidur, tentu tugas tidak optimal untuk diselesaikan.

Banyak cerita contoh yang sering kita dengar dan lihat, para artis atau orang populer yang sulit untuk beristirahat. Mereka kadang menggunakan obat-obatan untuk membantu mereka bisa tertidur, tak jarang banyak diantara mereka yang overdosis karenanya.

Semoga kita terhindar dari dampak buruk dari insomnia. Untuk yang sedang mengalami insomnia bisa segera sembuh.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)