Friday, August 3, 2018

Kesehatan adalah Aset Berharga

Kesehatan kadang menjadi hal yang kita remehkan, karena kita merasa sudah memilikinya dan kadang merasa mudah memperolehnya. Tapi saat kita mengalami sakit barulah kita merasa kesehatan amat berharga dan mahal.

Mengapa kesehatan begitu mahal? Tentu untuk bekerja kita harus sehat dahulu, kalau mau berlibur kita membutuhkan kesehatan. Coba bayangkan saat kita sakit, terkadang untuk jalan saja tidak bisa, entah karena pusing yang teramat, kaki yang sedang sakit dst. Saat sakit makan pun terasa tidak enak, nafsu makan berkurang bahkan menghilang.

Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan kita, mensyukurinya dengan beraktifitas positif, beribadah, membantu sesama dst. Mungkin hal berikut bisa memelihara kesehatan kita:

  • Olahraga teratur. Olahraga sangat membantu metabolisme tubuh, aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan olahraga istrihat jadi lebih berkualitas, fisik menjadi segar bugar. Fisik yang sehat juga amat membantu kesehatan jiwa atau perasaan kita.
  • Makan teratur dan sehat. Makan teratur dengan pola yang rutin sangat membantu pencernaan kita. Makanan yang kita makan pun harus yang baik, sehat dan seimbang. Kandungan serat, protein, karbohidrat, lemak dst harus di takar seimbang. Jangan berlebihan, contoh kalau terlalu banyak makan berlemak rawan darah mengental dan kolestrol.
  • Tidur yang cukup. Tidur adalah sarana mendasar bagi kita manusia atau makhluk hidup lain sebagai sarana untuk memperbaiki "kerusakan" dalam tubuh. Tidur yang berkualitas membuat badan menjadi segar bugar, metal pun sehat. Gangguan tidur bisa amat buruk dampaknya bagi kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Untuk jumlah waktu tidur berbadan pendapat, namun pada umumnya tidur ideal berkisar 6-8 jam.
  • Bersilaturahmi. Mengunjungi keluarga, sahabat atau teman tentu membantu kelegaan atau kesenangan tersendiri. Kalam Islam bersilaturahmi bisa memperpanjang umur dan memudahkan rejeki. Silaturahmi amat positif bagi kesehatan mental, kita bisa merasa ada yang senasib, merasa ada yang membantu, dst.
  • Tidak lupa beribadah. Ibadah adalah sarana kita mencari kebahagian di dunia dan akhirat. Tentu orang yang taat beragama akan berusaha menghargai segala aspek kehidupannya. Berusaha untuk menjauhi hal yang buruk. ibadah tanda kita berpasrah kepada kuasa Tuhan, segala kesulitan yang dihadapi yakin ada jalan keluarnya.
Kesehatan adalah aset amat berharga yang kita miliki, sudah sepantasnya harus kita hargai dan kita jaga. 

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru