Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Kadang kita merasa ingin sekali makan dengan porsi yang berlebih. Padahal perut sudah merasa kenyang. Namun mulut masih pingin untuk mengunyah. Tentu hal ini bisa merusak rencana diet atau malah bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kita. Mungkin beberapa cara ini bisa di coba:

Makan berlebih tentu tak baik bagi kesehatan tubuh. Bisa memberi dampak buruk bagi pencernaan atau membuat berat badan bertambah. Dampak buruk makan berlebih bisa bertambah parah jika apa yang dimakan bukanlah makanan sehat.
Sumber gambar: jpnn.com

Makanan cepat saji, makanan instan cendrung buruk bagi kesehatan. Walau secara rasa memang begitu menggiurkan dan enak untuk disantap. Namun terkadang amat rendah akan serat, gizi. Kadang memiliki kandungan garam yang tinggi, lemak dan kolesterol yang tinggi pula. Jika tak terkontrol perlahan namun pasti memberi efek buruk terhadap kesehatan.

Nafsu makan yang berlebihan sebaiknya harus bisa kendalikan. Beberapa cara berikut mungkin bisa membantu:

  • Makan dengan pola yang teratur. Makan setiap hari pada waktu atau ritme yang tetap dengan jumlah yang tetap pula. Hal ini membuat kita terbiasa untuk makan teratur.
  • Jangan biarkan perut terlalu lapar atau terlalu kenyang. Jika kita terlalu lapar, kita cendrung makan "balas dendam". Makan secara berlebihan untuk menghilangkan rasa lapar. Jika makan terlalu kenyang bisa membuat pencernaan terganggu. Dari asam lambung hingga rasa perut begah.
  • Minum air putih yang cukup. Jika sebelum makan atau setelah makan kita sempatkan mengisi perut dengan cukup air, tentu akan membuat perut merasa lebih kenyang. Tentu hal ini dapat meredam nafsu makan berlebih.
  • Makan makanan yang kaya serat. Bisa mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran. Karena serat pada buah atau sayuran lebih lama untuk dicerna, sehingga memberi rasa kenyang lebih tahan lama.
  • Hindari atau kurangi makanan yang banyak kandungan garam atau penyedap makanan. Makanan yang asin atau kaya bumbu penyedap membuat kita cendrung makan secara berlebihan. Kemungkinan dikarenakan rasa yang enak di mulut membuat kita terkadang ketagihan ingin menambah.
  • Batasi makanan yang akan dimakan. Disini kita usahakan untuk memasak atau membeli makanan sesuai kebutuhan perut dan tubuh, jangan berlebihan. Kadang karena stok makanan yang berlebih kita pun ingin segera menghabiskan sisa makanan.
  • Makan secara perlahan. Kunyah makanan dengan lembut dan perlahan, selain membantu pencernaan juga akan membuat makanan segera turun ke perut yang memberi rasa kenyang.
  • Berdoa sebelum dan setelah makan. Hal ini dapat membantu kita untuk selalu bersyukur atas makanan yang kita makan dan mengingatkan kita untuk tidak makan berlebihan.
Beberapa langkah diatas semoga bisa membantu mengontrol pola makan kita agar tak makan secara berlebih.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)