Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah hal yang di butuhkan seseorang untuk bisa tampil di hadapan banyak orang. Bagi yang kurang percaya diri tentu tampil di hadapan banyak orang adalah hal yang berat, dan sebisa mungkin untuk dihindari. Apalagi jika sudah terbiasa untuk tak tampil di hadapan banyak orang, merubah kebiasaan untuk jadi lebih percaya diri butuh waktu, membutuhkan banyak tenaga dan energi.

Banyak yang berpendapat sifat percaya diri adalah bawaan sejak lahir. Jadi sudah terlihat sejak awal dari lahir, atau sejak masa kanak-kanak.
Sumber gambar: jurubicara.com

Namun yang belum memiliki sifat percaya diri yang tinggi jangan berkecil hati. Kita bisa mempelajari dan belajar bagaimana cara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Beberapa penyebab yang membuat seseorang kurang percaya diri:

  • Pengaruh lingkungan sekitar. Dari pendidikan orang tua sejak kecil, teman pergaulan yang mempengaruhi.
  • Merasa berbeda dari yang lain.
  • Pola pikir yang salah.
  • Tidak bisa menyesuaikan diri.
  • Terlalu menutup diri.
  • Terlalu individual.
Kalau solusi yang mungkin bisa kita coba lakukan adalah:
  • Berusaha mencari lingkungan yang mendukung kita untuk selalu percaya diri. Berkumpul dengan teman yang ramah, menerima kita apa adanya.
  • Perlu untuk merubah pola pikir diri. Jangan pernah menilai diri sendiri dengan nilai yang buruk atau negatif, selalu berusaha positif. Tanamkan pada diri kita bisa untuk tampil, dan percaya diri.
  • Sugesti dalam hati dan pikiran dengan sugesti positif. Seperti melakukan pengulangan dalam hati atau pikiran dengan kata "saya percaya diri, saya bisa, saya optimis, saya positif", dst. Hayati sugersi positif itu, tentu nantinya akan mempengaruhi kepribadian kita.
  • Banyak membaca artikel atau buku pengembangan diri, motivasi atau hal positif lainnya. Dengan rajin membaca hal positif, tentu kita akan menambah wawasan, menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Dengan demikian kita lebih percaya kepada diri sendiri.
  • Memaafkan kesalahan atau kekurangan diri. Kadang kita menjadi minder karena kesalahan atau kekurangan yang kita lakukan atau kita miliki. Dengan berdamai dengan diri sendiri tentu kita akan lebih bisa percaya diri.
  • Jangan pernah merasa sendiri. Baik itu sendiri secara fisik atau perasaan. Karena ada lho orang yang berada di keramaian orang namun jiwanya merasa kesepian atau sendirian. Yakin banyak orang lain disekitar kita atau di belahan dunia lain merasakan hal yang sama seperti yang kita alami. Jangan merasa paling buruk, paling menderita, berpikir positif yakin ada yang lebih susah, lebih menderita dari kita. Hal ini tentu akan membangkitkan jiwa kita untuk lebih percaya diri.
Memang tak mudah merubah sesuatu kebiasaan atau karakter yang sudah kita lakukan secara berulang dalam waktu lama. Perlu bantuan dari orang sekitar, niatan yang kuat, disiplin, usaha yang konsisten. 

Semoga membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri kita....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)