Sebab dan Solusi Nyeri Pinggang

Rasa nyeri atau sakit pada pinggang kadang membuat kita tak nyaman untuk beraktifitas. Jika terlalu parah malah bisa membuat kita harus beristirahat total. Kadang kita tak mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit pada pinggang ini, jadi bingung untuk meredakan rasa sakit pada pinggang ini.

Jika kita coba mengamati keseharian kita, mungkin beberapa penyebab sakit pinggang ini pernah kita alami:
advancedtherapyconcepts.com

  • Duduk terlalu lama. Biasanya pegawai kantoran yang biasa bekerja di belakang layar, membutuhkan waktu cukup lama untuk duduk.
  • Kasur yang terlalu empuk atau sudah membuat lekukan. Kasur yang terlalu empuk atau lekukan terlalu dalam menyebabkan punggung lebih tertekan, dan bisa menyebabkan sakit pinggang.
  • Kurang minum. 
  • Mengangkat beban yang berat. Kadang saat kita mengangkat beban berat kita bisa ngalamin sakit pinggang. Hal ini karena punggung mengalami tekanan dan beban.
  • Posisi duduk atau tidur yang salah. Jika duduk terlalu membungkuk bisa menjadi penyebab sakit punggung, demikian tidur dengan posisi salah bisa menjadi penyabab sakit pinggang.
Solusi yang bisa kita lakukan yaitu :
  • Jika terpaksa kerja yang membutuhkan waktu duduk lama, usahakan untuk membuat selingan dengan sekedar perenggangan, berdiri, atau jalan di sekitar ruangan. Hal ini mengurangi tekanan pada punggung. Penulis baru tahu, ternyata saat duduk pinggang lebih memperoleh tekanan ketimbang posisi berdiri. 
  • Jika kasur terlalu empuk atau sudah membuat lekukan terlalu dalam, maka perlu Menganti kasur. Namun bisa juga dengan memberi tambahan alas atau bantal yang bisa membuat kasur lebih datar.
  • Minum air putih yang cukup bisa membantu meredakan rasa sakit pinggang.
  • Untuk mengangkat beban yang berat ada cara khsus yang membantu ngurangi tekanan pada pinggang. Yaitu usahakan pinggang tetap tegak, posisi jongkok, lalu angkat beban dari posisi tersebut. Hindari mengangkat beban dengan posisi barang membungkuk membentuk sudut siku atau L.
    Sumber gambar: http://hima-k3.ppns.ac.id/cara-mengangkat-beban-dengan-tepat-dan-benar/
  • Atur posisi duduk dan tidur yang terbaik untuk pinggang. Kalau duduk usahakan pinggang tetap berada dalam posisi tegak. Kalau tidur ada yang menyarankan untuk tidur miring, dengan alas bantal kepala yang pas, dan antara paha di beri tambahan bantal atau guling. Jika tidur posisi terlentang, usahakan pada bagian paha ditambah ganjal agar posisi lekukan pinggang berada di posisi normal.
  • Secara medis, mungkin kita bisa minta resep pada dokter untuk memberi obat atau multivitamin untuk meredakan sakit pinggang.
Semoga beberapa tips tersebut bisa membantu dan mengurai rasa sakit pada pinggang.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)