Apa itu Hemoglobin, serta apa Fungsinya?

Pernah punya pengalaman tidak, ingin donor darah, eh ternyata tidak bisa, kata yang mengecek Hemoglobin (Hb) nya kurang. Nah lho?? Apa itu Hemoglobin dan apa ya fungsinya?

Kalau dari situs Wikipedia, hemoglobin diartikan sebagai:
Sumber gambar: Wikipedia.co.id

Hemoglobin adalah metaloprotein (proteinyang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh,[1] pada mamalia dan hewan lainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksidakembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh

Jadi gampangnya hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dalam yang berfungsi seperti "angkutan" untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, atau mengangkut karbondioksida kembali ke paru-paru untuk di buang. Wah, hebat benar ya!

Pada situs alodokter.com di paparkan fungsi lain dari Hb:
"Hemoglobin juga mempunyai peranan penting dalam menjaga bentuk sel darah merah. Normalnya sel darah merah berbentuk bulat dengan bagian tengah yang pipih menyerupai donat tanpa lubang di tengahnya. Struktur hemoglobin yang abnormal dapat mengganggu bentuk sel darah merah dan menghalangi fungsinya untuk bekerja melalui pembuluh darah."

Untuk mengetahui kadar Hb secara pasti kita bisa melakukan pengecekan ke rumah sakit atau tempat mendonorkan darah. Biasanya menggunakan alat digital yang hanya membutuhkan beberapa tetes darah saja. Dalam beberapa menit angka nilai dari Hb kita akan muncul.

Lantas apa dampaknya kita kekurangan hemoglobin dalam darah? Pada umumnya jika kita kekurangan Hemoglobin tentu pasokan oksigen dalam darah berkurang, dampaknya bisa pusing-pusing, sesak nafas, rasa lelah, capek, pucat.

Penyebab kekurangan Hb ada banyak sebab, pada umumnya nih, karena terlalu lelah, kurang beristirahat, kurang pasokan makanan bergizi atau makanan yang mengandung zat besi, ada juga disebabkan karena penyakit tertentu. Wanita yang sedang bermenstruasi juga bisa menjadi penyebab kekurangan Hb.

Kembali dari situs alodokter.com dipaparkan untuk standar normal Hb dari berbagai kategori umur:
"Pada bayi baru lahir, tingkat hemoglobin normal sekitar 17-22 gram/dL. Kemudian turun pada saat bayi usia 1 bulan yaitu 11-15 gram/dL. Tingkat hemoglobin anak-anak secara umum yaitu sekitar 11-13 gram/dL.
Sementara itu, tingkat hemoglobin pada laki-laki dewasa sekitar 14-18 gram/dL dan pada wanita dewasa lebih rendah, yaitu sekitar 12-16 gram/dL. Seiring dengan pertambahan usia, umumnya tingkat hemoglobin akan semakin turun."

Nah setelah tahu apa itu Hb, fungsinya, dampak kekurangan dan standar nilai Hb, perlu kita ketahui cara untuk menambah Hb yang kurang.

Beberapa diantaranya yang bisa kita lakukan adalah:

  • Istirahat yang cukup.
  • Meningkatkan pasokan makanan yang kaya zat besi, contohnya sayur bayam, hati ayam, sayuran atau buah-buahan lainnya.
  • Mengkonsumsi suplemen penambah darah. Biasanya suplemen ini kaya akan zat besi.
  • Transfusi darah. Ini sih jika sudah terlalu parah, biasanya saat terkena penyakit demam berdarah.
Namun jika beberapa cara diatas masih belum dapat meningkatkan Hb, gejala kekurangan Hb masih dirasakan, perlu konsultasi dan pengecekan ke dokter. Siapa tahu ada penyakit yang perlu perawatan dan tindakan medis lebih lanjut.

Semoga bermanfaat....


Sumber referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hemoglobin

https://www.alodokter.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-kekurangan-hemoglobin

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)