Apa itu Suku Bunga?

Belakangan kita banyak saksikan di berbagai media masa di kabarkan nilai rupiah melemah dari hari ke hari. Untuk mengurangi dampak tersebut pemerintah melalui pihak yang berwenang (menteri keuangan, bank BI, dst), berencana untuk menaikan suku bunga. Tapi apa sih suku bunga itu?

Kalau pada situs Wikipedia penjabarannya sebagai berikut:
Bunga adalah imbal jasa atas pinjaman uang. Imbal jasa cipal. Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa ( bunga ) dalam suatu periode tertentu disebut "suku bunga" (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Suku_bunga)
Sumber gambar: agroteknologi.web.id

Jadi dari pengertian sederhananya seperti yang kita pahami saat melakukan pinjaman pada bank atau pihak finance. Ada bayaran tambahan dalam pinjaman pokok. Kalau dalam bahasa agama Islamnya Riba.

Nah, tentu kalau suku bunga dinaikkan bagi yang memiliki hutang di bank akan merasa lebih berat untuk membayarnya. Hal ini dikarenakan bayaran imbal jasa pinjaman atau bunga bertambah pula.

Penulis sebetulnya belum memahami secara utuh apa dampak terhadap kenaikan suku bunga terhadap penguatan nilai rupiah. Hanya sebagai orang awam, pendapat penulis jika suku bunga dinaikkan secara otomatis keuntungan yang diperoleh pihak bank akan meningkat.

Tapi dilemanya jika suku bunga dinaikkan, akan menambah resiko kredit macet, atau gagal pelunasan utang oleh nasabah. Kalau dipikir, jika nasabah gagal melunasi hutang, tentu aset atau jaminan nasabah yang di pegang pihak bank akan jadi milik pihak bank seutuhnya. Nasabah yang benar-benar tertekan dan menjadi korban.

Oleh karenanya banyak perusahaan besar yang asetnya mungkin masih ada cicilan bank, tentu harus melakukan berbagai penghematan untuk mensiasati kenaikan suku bunga ini.

Para bos yang ingin membuat atau memulai suatu proyek besar tentu akan berpikir ulang jika sumber dana proyek berasal dari pinjaman bank.

Ya semoga dengan penaikan suku bunga ini, banyak perusahaan yang tetap bertahan, tidak ada pengurangan karyawan atau PHK. Keadaan ekonomi secara keseluruhan akan membaik.

Mohon maaf jika ada kesalahan, penulis hanya berusaha merangkum dan menulis ulang dengan alur pikir penulis yang masih awam. Kritik dan saran membangun sangat dibutuhkan.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)