Jualan Untung Sedikit tapi Lancar

Saat menjual suatu barang atau jasa para penjual akan di hadapi dua pilihan. Apakah menjual dengan keuntungan sedikit atau mengambil keuntungan cukup besar. Pada umumnya kita sebagai penjual ingin mendapat keuntungan besar dalam waktu singkat. Tapi gimana sih yang benar?
Kalau pertanyaan diatas muncul jawabannya juga bisa relatif. Ada yang beranggapan untung sedikit tapi penjualan lancar. Namun ada juga yang berpendapat mengambil margin keuntungan yang cukup. Semua punya konsekuensi tersendiri.
Sumber gambar: Jurnal.id

Kalau orang cina lebih suka dan memang terkenal menjual barang dengan harga murah, sedikit mengambil keuntungan. Namun karena harga yang terjangkau orang akan terbiasa membeli barang atau jasa pada mereka.

Contoh salah satu produk terkenal yang menggunakan prinsip ini adalah smartphone merk Xiaomi (bukan promo ya). Jadi Smartphone Xiaomi di jual dengan harga terjangkau dan termasuk murah dibanding dengan spesifikasi yang sama dari merek lain. Olehkarena itu saat ini Xiaomi lebih banyak di gunakan masyarakat.

Bagi penjual yang mengambil margin keuntungan lebih banyak tak salah. Namun yang perlu diingat adalah menjaga kualitas produk atau jasa. Jangan sampai seseorang membeli dengan harga lebih mahal, namun kualitas produk atau jasa sama atau behkan lebih buruk dari produk lain yang lebih murah. Jika sudah begini pembeli akan kapok berbelanja pada kita.

Memang yang paling untung adalah mematok keuntungan lebih banyak, namun penjualan juga lancar. Konsekuensi jaminan kualitas produk harus tetap bagus dan terjaga. Ini biasanya terjadi pada toko atau penjual yang sudah memiliki nama dan terpercaya.

Sepertinya prinsip untung sedikit tapi lancar lebih baik. Apalagi kualitas produk tetap dijaga. Biasanya konsep ini lebih cepat di kenal masyarakat. Tak perlu biaya promosi yang mahal, nanti promonya dari omongan orang ke orang, orang akan merekomendasikan untuk membeli di kita. Biasalah kita semua ingin membeli barang dengan harga paling murah, namun kualitas juga yang bagus.

Tergantung dari kita sekarang, bagi penjual pemula sepertinya konsep untung sedikit bisa jadi pilihan.

Semoga bermanfaat...

Comments

  1. Sy penjual buah apel.anggur keliling di kota kupang ntt sy punya prinsip untung sedikit tapi lancar dr pda untung besar lambat dan barang pasti rusak ..klo sdh rusak pasti harga jual menurun..

    ReplyDelete
  2. Sehari bisa 2 dos hbis terjual. Bnyk yg jual untung 1 dos diatas 150/dos sy cari untung di bawa 100 rbu pasti cepat hbis sehari bisa 2 dos bahkan 3 dos dr pgi sampe mlm jam 8 mlm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)