Shoping Day 9.9

Hari ini bisa dikatakan hari puncak dari rangkaian Shoping day Marketplace yang bertema 9.9. Sepertinya mengikuti tanggal hari ini 9 September (9-09). Beberpa Marketplace seperti shopee, lazada mengadakan Even ini. Banyak sekali produk yang harganya miring, dengan diskon besar-besaran.

Kalau yang sudah mengikuti, beberapa hari belakangan ada dua Marketplace yang penulis ikuti, dan pantau promonya. Yaitu lazada dan Shopee. Pada flash sale di Marketplace ini akan ada produk yang harganya jadi miring. Sesuai tema harga kadang jadi turun hingga 999999 yang harga sebenarnya biasa dikisaran 2 atau 3 juta rupiah.
Sumber gambar: marketing.co.id

Produk yang sering memberikan harga promo dan begitu menarik adalah dari merk Xiaomi. Xiaomi sepertinya memanfaatkan even ini untuk mempromosikan merek smartphonenya. Tidak hanya smartphone Xiaomi juga memberi promo pada produk lainnya, bisa powerbank, headset, speaker, dll.

Ya namanya harga miring, dengan jumlah barang promo yang terbatas, tentu membuat barang begitu cepat habis. Tidak sampai 1 menit barang sudah habis terjual. Konsepnya siapa cepat dan koneksi tercepat yang akan dapat. Selain sudah mengerti dan paham cara untuk berebut di even flash sale.

Kalau kita cek di antara kedua Marketplace lazada dan Shopee. Shopee yang eventnya cukup menarik. Di hari ini di tiap jam ada saja flash sale barang dengan harga tak masuk diakal dan menarik. Acara puncaknya hari ini dengan mengadakan live perform di salah satu stasiun televisi swasta.

Event ini sebenarnya jadi sarana untuk membiasakan masyarakat untuk berbelanja secara online. Menarik minat masyarakat untuk berani, terbiasa dan percaya dengan sistem jual beli secara online.

Bagi yang sudah terbiasa dan familiar dengan jual beli di Marketplace atau online, tentu event ini adalah saat yang dinantikan. Malah membuat seseorang menjadi lebih boros dari biasanya, karena promo yang ada kadang kita jadi membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Hanya karena tertarik harga yang lebih murah.

Kurangnya kalau berbelanja online ya ada biaya tambahan untuk ongkos kirim. Memang sih ada subsidi ongkir di beberapa Marketplace, tapi dengan pembelian minimum. Kalau seandainya tidak sampai batas minimum ya perlu bayar utuh. Selain itu barang yang di peroleh terkadang tak sesuai dengan yang di harapkan, dari tak sesuai dengan gambar atau rusak saat proses pengiriman.

Memang kita perlu bijak dalam berbelanja secara online ini, jangan terlalu tergiur dengan diskon yang ada, dan jangan lupa sesuaikan dengan keadaan keuangan kita masing-masing.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)