Tipe-tipe Orang Berpengaruh

Mempengaruhi seseorang atau kelompok adalah suatu keahlian yang bisa dilatih, bukan hanya bawaan atau turunan. Nah para peneliti ternyata menemukan beberapa tipe dari orang berpengaruh

Dikutip dari buku The Art of Influence karya Claudia Floretta yang di terjemahkan dan terbitkan oleh penerbit Prestasi Pustaka Publisher, pada halaman 32-33:

Orang yang memiliki keahlian untuk mempengaruhi orang lain juga memiliki keahlian memahami diri sendiri. Mereka mengetahui tujuan mereka sendiri, mereka tahu apa yang ingin mereka capai dan mereka sadar akan strategi yang mereka gunakan.

Para peneliti dari Harvard menemukan juga bahwa orang yang memiliki keahlian untuk mempengaruhi orang lain akan mengkombinasikan empati dan pemahaman diri dengan dua elemen penting lainnya yakni rasa percaya diri dan keinginan untuk berkuasa. Sebagai akibatnya, orang itu dapat menyelaraskan maksudnya dengan maksud orang lain untuk mencapai sesuatu atau bergerak ke arah pemecahan masalah, baik hal itu terlihat jelas maupun tidak.

Para peneliti juga berhasil mendefinisikan tipe orang yang berpengaruh: fiktif, kolaboratif dan simbolik.

  1. Direktur artinya mereka bisa mengarahkan atau membuat orang melakukan sesuatu dengan cara tertentu.
  2. Kolaboratif artinya mereka bisa memfungsikan dirinya dengan efektif ketika mereka bekerja sama dalam kelompok. Dia bisa mengunakan keahlian sosial untuk mewujudkan kerja sama dan m mberikan pengaruh di dalamnya.
  3. Simbolik artinya mereka mampu memunculkan contoh atau panutan sebagai seorang yang mampu meraih sukses dan menggunakan simbol ini untuk memberikan identitas kepada kelompoknya.

Jadi dari penjelasan di atas, mungkin kita bisa menilai diri termasuk atau terbiasa menggunakan tipe yang mana?

Mungkin kita bisa mempelajari dan menggunakan dari semua tipe diatas, menyesuaikan keadaan dan situasi yang sedang dihadapi.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)