Kenapa Mie Instan tidak sehat?

Mie instan adalah makanan kegemaran banyak orang, selain rasanya yang enak dan lezat, proses pembuatannya juga cepat. Dari segi harga juga bisa di bilang murah. Tapi kenapa mie instan jika di konsumsi secara terus menerus bisa tidak baik bagi kesehatan?


Mie instan adalah pakan yang terbuat dari tepung terigu. Yang kita ketahui banyak mengandung karbohidrat. Untuk bumbunya banyak kandungan garam yang tinggi, selain itu mengandung juga MSG.
Sumber gambar: hellosehat.com

Kandungan karbohidrat yang tinggi tidak baik bagi kesehatan karena dapat menjadi pemicu diabetes. Karbohidrat adalah zat yang mudah di ubah oleh tubuh menjadi glukosa, yang menyebabkan kadar gula darah cepat naik.

MSG jika berlebihan kita ketahui bisa memberi dampak tak baik bagi kesehatan otak. Garam pada bumbu mie instan yang berlebih bisa memicu darah tinggi atau hipertensi.

Mie instan kita ketahui peroses pembuatannya bisa di bilang cepat. Mie di dalam pencernaan lebih sulit untuk diproses. Kemungkinan karena mie di masak hanya setengah matang, menyerap banyak air dalam pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain itu dari segi gizi, mie instan sangat minim dari segi serat, mineral dan protein. Jadi tidak memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Memang sih bisa memberi rasa kenyang dan nyaman di perut. Tapi kita tak bisa merasakan secara langsung dampak bagi tubuh.

Untuk melengkapi kekurangan mie instan tersebut, sepertinya kita bisa mengakali mie instan menjadi "mie sehat", berikut cara yang bisa di coba:

Dari proses masak usahakan untuk merebus mie hingga cukup matang. Mengunakan air lebih sepertinya lebih baik.

Untuk bumbu sachet mie tidak usah digunakan semua, bisa hanya setengah atau 3/4. Sisanya bisa di pakai untuk dijadikan bumbu masakan lain atau mie selanjutnya.

Tambahkan sayuran hijau atau sayuran lain. Bisa tauge, kembang kol, sawi, tomat dll. Intinya kita perlu menambahkan sayuran untuk mie instan.

Tambahkan telur untuk menambah kandungan protein pada mie instan. Tentu ini akan menambah kelezatan mie.

Menambahkan bumbu-bumbu rempah semakin memperkaya rasa mie. Bisa tambahkan merica bubuk, ketumbar atau bahan lainnya.

Dengan beberapa langkah ini mie instan yang biasa akan menjadi "mie sehat" yang lebih sehat dan lezat. Memang sih jadi lebih repot sedikit, tapi untuk jangka panjang akan menjaga kesehatan kita.

Yang perlu diingat mie instan jangan di konsumsi secara rutin, usahakan sebagai selingan atau di saat terdesak saja, usahakan tidak makan mie instan dengan nasi, karena kandungan karbohidrat yang tinggi.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)