Membuat Perangkap Lalat Buah

Saat musim buah mangga contohnya, biasanya banyak buah yang rusak karena adanya ulat pada buah. Ini disebabkan oleh lalat buah yang '''nyuntik" telur ke dalam buah. Hal ini tentu merusak buah dan mengurangi hasil buah yang di panen. Tenyata ada lho cara untuk mengurangi hama lalat buah ini. Yuk simak..

Awalnya penulis tak tahu ada cara untuk mengurangi hama lalat buah ini, tapi saat liat ada perangkap lalat buah di pohon mangga teman, penulis tertarik untuk mencoba membuatnya juga.


Bentuknya berupa botol mineral bekas yang memiliki lubang-lubang, yang ditengahnya ada kawat berkapas yang telah di beri cairan khusus, dan disasarnya ada sedikit air.

Coba cari obat tersebut di toko pertanian, bilang saja obat untuk perangkap lalat buah, ternyata di beri kotak kecil bernama Petrogenol harganya 7500 rupiah.

Dirumah mencoba membuat perangkap tersebut, nah alat bahannya:
* Botol Mineral.
* Kapas / Kasa.
* Kawat atau benang kasur.
* Obat Petrogenol.
* Gunting / Karter.
* Solder.

Langkah awal siapkan botol bekas, lalu buat beberapa lubang dengan menggunakan solder. Buat lubang sesuai selera, perkirakan kemungkinan peluang lalat buah untuk banyak yang masuk.

Siapkan kawat untuk tempat menggantung kapas/kasa. Kalau tak ada kawat bisa juga mengikat dengan benang kasur. Intinya gantungkan kapas di tengah botol.





Sebelum di gantungkan di tengah botol, kapas di tetesi atau diolesi dengan cairan Petrogenol. Tetesi / olesi secukupnya jangan sampai kapas terlalu basah hingga cairan menetes.

Ternyata cairan Petrogenol ini tidak bersifat peptisida. Jadi hanya menarik lalat pejantan dengan aroma betina yang memikat pejantan. Jadi pejantan datang karena aroma cairan, lalu terperangkap dalam botol. Tidak meracuni lalat buah.

Nah karena itu biar lebih efektif penulis berinisiatif menambahkan kapur ajaib. Dengan mengoleskan/menambah kapur ajaib pada kapas yang sudah ada cairan Petrogenol. Pada lubang-lubang botol penulis juga menambahkan kapur ajaib. Harapannya untuk lalat buah yang tak terperangkap dalam botol, namun sudah menyentuh lubang botol akan mati juga karena sudah terkena serbuk kapur ajaib.

Perangkap yang dibuat sudah siap bisa di gantungkan pada ranting pohon yang diperkirakan banyak lalat buahnya. Namun karena daya tarik cairan yang kuat lalat buah biasanya segera datang jika memang banyak kawanan lalat buah. Saat penulis membuat perangkap botol, lalat buah sudah banyak datang di sekitar kotak cairan Petrogenol.



Selamat mencoba...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)