Agar Tidak Tidur Usai Subuh

Usai subuh biasanya kita merasa masih mengantuk. Tak jarang kita akan lanjut untuk tidur usai solat subuh. Sulit rasanya untuk tidak tidur lagi usai subuh, apalagi jika kita sudah terbiasa. Namun selalu ada cara yang bisa kita coba untuk memperbaiki kebiasaan buruk kita ini.

Pagi hari adalah waktu yang bisa dibilang waktu paling prima, segar karena baru saja usai tidur malam. Bahkan nabi Muhammaad Shalallahu alaihi wasallam. Mendoakan umatnya khusus di waktu pagi.
Sumber gambar: Palembang.tribunnews.com

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212)

Berarti ini menandakan waktu usai subuh adalah waktu yang memiliki banyak berkah bagi kita. Sebaiknya kita melawan rasa kantuk kita, mengisi waktu pagi dengan kegiatan positif dan bermanfaat.

Ada beberapa dampak buruk yang bisa kita rasakan jika tidur usai subuh, diantaranya:

  • Membuat badan terasa lemas.
  • Dapat memicu penyakit atau tak baik bagi kesehatan.
  • Membuat kita malas untuk beraktifitas.
  • Kehilangan waktu yang amat berharga, karena waktu pagi adalah waktu yang di doakan Rasulullah.
Nah, setelah tahu dampak buruk tidur usai subuh, kita bisa mencoba beberapa tips berikut agar kita tidak tertidur usai subuh:
  • Perbanyak ibadah. Mengaji, hafalan Qur'an, berdzikir.
  • Membuat perencanaan aktifitas hari ini.
  • Olahraga ringan hingga sedang untuk membuat badan lebih segar.
  • Mandi sebelum subuh dapat membantu kita lebih segar dan menyehatkan.
  • Sarapan pagi yang cukup dan tak berlebih.
  • Membaca buku, koran atau menambah info atau ilmu.
Pagi hari bisa dikatakan awal dari hari seseorang, jika kita istirahat cukup dan berkualitas kita akan memiliki semangat dan kondisi yang baik untuk beraktifitas. Oleh karenanya kita harus memanfaatkan waktu pagi dengan sebaiknya.

Menambah ibadah usai sholat subuh tentu sangat baik bagi kesehatan jiwa dan fisik kita. Berpahala dan penuh keberkahan.

Waktu pagi waktu paling baik untuk mencurahkan dan mendapatkan ide. Dengan demikian kita bisa mencoba untuk merancang hari kita di pagi hari.

Oleh raga di pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh. Suplai oksigen ke seluruh tubuh akan membantu proses metabolisme tubuh. Membuat badan jadi segar dan bugar.


Untuk melawan kantuk dipagutan hari. Kita bisa mencoba untuk mandi sebelum sholat subuh. Bisa menggunakan air hangat, atau air biasa. Namun kita harus perlahan-lahan, menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu air, baik dengan membasuh badan secara perlahan. Ini untuk menghindari rasa terkejut karena perbedaan suhu tubuh dengan suhu air.

Sarapan sebagai kita ketahui banyak bermanfaat sebagai pasokan energi kita dalam beraktifitas. Awam baik untuk memulai hari. Namun perlu diingat jika sarapan baiknya secukupnya. Jangan sampai berlebihan hingga kita menjadi mengantuk atau malas. Jadi harus di atur ya porsi dan menu sarapannya.

Pagi hari otak lagi segar bugarnya, amat baik jika kita menambah ilmu atau pengetahuan kita. Baca buku, kodrat atau artikel online bisa membantu. Jadi kita tetap update informasi dan pengetahuan kita.

Namun terkadang ada keadaan yang membuat kita terpaksa dan membutuhkan untuk tidur di pagi hari. Seumpama bagi orang yang bekerja piket malam, atau melakukan perjalanan di malam hari. Kita tak mengalai tidur kembali usai sholat subuh, dengan niat agar badan bisa lebih segar bugar dalam beraktifitas setelah beristirahat. Ada baiknya kita berusaha menahan diri hingga matahari telah terbit atau sudah bisa dibilang agak siang barulah kita tidur.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat....

Sumber bacaan :
https://dalamislam.com/akhlaq/larangan/larangan-tidur-setelah-shalat-shubuh

https://www.hipwee.com/tips/biar-habis-shalat-subuh-gak-tidur-lagi-coba-lakukan-10-hal-sederhana-ini

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)