Ngetrend nya YouTube + YouTubers

Anak muda jaman now atau anak muda milineal pasti sudah akrab dengan YouTube, mengenal banyak YouTubers yang lagi tenar. Men-subcribe chanelnya. YouTube bisa dikatakan saingan televisi (TV) yang cukup kompeten.
Sumber gambar: YouTube.com

Sedikit ulasan sedikit bagi yang belum familiar dibahas sedikit mengenai YouTube dan YouTuberers. Biar bisa tau perbedaannya. Kalau YouTube adalah situs yang berisi berbagai macam video, sederhananya tempat meng-upload dan menonton aneka video. Nah orang yang membuat konten video dan menguploadnya di situs YouTube dinamakan YouTubers.
Sumber gambar: smartbisnis.co.id

Berbagai macam video yang kita ingin cari, menarik dan populer bisa kita cari di YouTube. Lebihnya di YouTube, iklannya lebih sedikit dengan yang di TV, bisa di skip setelah tayang 5 detik.

Apalagi saat ini hampir setiap orang memiliki HP smartphone, tablet yang memiliki akses internet untuk mengakses YouTube. Lebih mudah dan praktis. Konten video yang tampil sesuai kesukaan dan apa yang ingin kita tonton.

Oleh karena beberapa sebab di atas saat ini bisa di katakan YouTube, menjadi salah satu situs berbagi video yang lagi ngetrend. Banyak yang mengakses dan menonton di situs ini. Termasuk di Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar, yang sadar internet juga sudah semakin banyak, ditambah lagi koneksi dan akses internet yang semakin baik dan murah.

Banyaknya jumlah penonton di YouTube, membuat banyak pihak yang ingin menayangkan iklan pada situs berbagi video ini. Mirip seperti TV semakin banyak penonton, rating acara, kepopuleran artis, maka iklan yang tampil bisa semakin banyak.

Para YouTubers yang telah memenuhi syarat untuk menampilkan iklan pada chanelnya bisa mendapatkan bayaran sesuai jumlah, lama dan jenis iklan yang tampil pada chanelnya. Semakin banyak yang menonton videonya semakin banyak kemungkinan mendapat bayaran dari chanelnya.

YouTubers yang terkenal ditandai jumlah pengikut atau subscribers nya yang banyak. Di Indonesia sekarang sudah mulai banyak Chanel YouTube yang sudah mencapai angka 1 juta. Ini menjadi penanda pengguna YouTube di Indonesia sudah banyak. YouTubers di Indonesia juga semakin kreatif dan menarik kontennya.

Para artis yang sudah terkenal di TV juga mulai banyak membuka Chanel di YouTube. Tentu dengan konten yang lebih bebas dan sederhana, tidak seperti di TV. Biasanya kalau artis membuat video mengenai aktifitas kesehariannya, walau terkadang ada juga yang buat video dengan bantuan profesional. Ini tentu bisa menjadi penambah pundi penghasilannya.

Namun perlu diingat, tidak semua Chanel atau YouTubers yang banyak memiliki pengikut mendapatkan bayaran. Tergantung dari admin Chanel apakah mau di tampilkan iklan atau dalam YouTube di istilahkan dengan monetisasi, mau diaktifkan atau tidak. Biasanya Chanel yang bersifat sosial, religius atau independen tidak mengaktifkan monetisasi nya.

Itulah sekelumit mengenai sedang naik daun ya YouTube dan para Youtubers nya.

Oya karena sudah banyak yang menggunakan YouTube ada lho orang yang niatnya pingin mencari penghasilan dari YouTube dengan cara yang tak benar. Contoh membuat video yang mengambil karya orang lain, membuat konten yang menyulut kontroversi atau menyulut konflik, konten yang berbau pornografi dst.

Disinilah peran kita secara pribadi yang harus bisa memilih, memilah dan memfilter tayangan video atau Chanel yang akan kita tonton. Jangan sampai kita merusak diri dengan tantangan negatif, menyiakan waktu yang kita miliki.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)