Bersyukur, Nikmat akan Berambah

Bersyukur adalah kenikmatan hidup. Kita sering lupa dan terkadang menyederhanakan rasa syukur ini. Terlalu mengandalkan akal, kemampuan diri. Padahal tiap diri kita memiliki keterbatasan.
Sumber Gambar: Muslimah.co.id

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Orang yang bersyukur hidup akan terasa lebih berkecukupan. Tidak akan cepat susah, merasa kekurangan atau bersedih ketika kehilangan.

Belajar untuk bisa bersyukur tidaklah mudah. Orang yang pandai bersyukur secara omongan amat mudah disebut,namun sulit untuk dijadikan kebiasaan atau karakter. Yang bisa kita lakukan agar bisa bersyukur diantaranya:
- melihat orang atau keadaan yang lebih sulit dari kita.
- belajar dari orang yang telah terbiasa bersyukur.
- berdoa kepada Allah agar dimudahkan menjadi hamba yang ahli bersyukur.
- mengetahui berbagai kelebihan yang didapat jika kita menjadi orang yang selalu bersyukur.
- belajar terus, menambah ilmu agar kita bisa lebih memahami arti bersyukur.

Banyak yang bisa kita dapat jika mencoba bersyukur. Dari nikmat yang di tambah, tak cepat bersedih karena kehilangan sesuatu. Tak cepat puas jika mencapai sesuatu.

Bersyukur atas setiap detik, menit, jam, hati yang kita miliki akan menambah nikmat yang kita peroleh.  Kita lebih menghargai segala hal yang kita miliki. Tak lupa diri, berbangga diri apalagi sombong.

Dengan banyak bersyukur seharusnya kita berusaha untuk membagikan selalu rasa senang, bahagia, kelebihan yang kita miliki kepada orang lain. Ingin mengajak orang lain untuk bisa merasakan nikmatnya menjadi orang yang selalu bersyukur.

Banyak orang yang sulit atau bahkan tak bersyukur atas apa yang dimiliki. Walaupun ia orang yang telah kaya secara materi, jika ia tak bersyukur maka kemungkinan besar ia akan menjadi orang yang tamak dan rakus, selalu merasa kurang dan tak pernah puas. Pantas jika kita pernah mendengar ada saja orang kaya yang masih melakukan korupsi, penipuan untuk memperoleh harta sebanyak-banyaknya.

Orang yang tak pandai bersyukur hidupnya di penuhi berbagai perasaan negatif. Dari tertekan, iri, dengki, tidak tenang, kalut, dst. Tentu amat tidak nyaman untuk menjalani hidup. Dampaknya tak hanya secara mental yang sakit, fisik pun bisa terdampak. Sulit tidur atau rasa lelah berlebih bisa jadi suatu gejalanya.

Jika orang yang bersyukur, mungkin dalam menjalani keseharian penuh kesulitan dan kekurangan, namun sebelum tidur mereka cendrung mengingat dan mensyukuri nikmat yang telah di perlolehnya di hari tersebut. Dengan demikian perasaan negatif yang ada lebih berkurang atau bahkan sirna. Tidur mereka bisa jadi lebih nyenyak dan hidup lebih tenang.

Semoga kita bisa menjadi orang yang pandai bersyukur...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)