Beternak Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan Cupang

Jentik nyamuk bagi sebagian orang menjadi hama yang harus di basmi. Namun bagi peternak cupang jentik nyamuk malah di cari untuk menjadi pakan ikan cupang. Kadang kita khawatir jika jentik berubah menjadi nyamuk, tentu akan menambah resiko penyebaran penyakit yang di bawa nyamuk. Namun ada cara agar tetap aman.
Sumber gambar: akurat.co

Mengunakan wadah kecil untuk berternak Jentik adalah metode yang lebih aman. Sebab dengan menggunakan wadah kecil kita dapat mengontrol perkembangan dari jentik. Jika ada yang sudah berubah menjadi larva atau berbentuk seperti udang, itu tanda jentik harus di habiskan atau di ambil secara kolektif. Tujuannya agar jentik tak berubah menjadi nyamuk.

Alat dan Bahan:

  • Wadah kecil. Bisa menggunakan tempat nasi, botol bekas sosis, dst.
  • Potongan sayur secukupnya.
  • Air secukupnya.
Untuk membuat media berternak Jentik sebenarnya amat mudah. Isi wadah dengan air secukupnya, masukkan potongan sayur ke dalam wadah tersebut. Letakkan di tempat yang tenang, dan gelap. 

Dalam beberapa hari sayuran akan membusuk, air mengeluarkan sedikit aroma. Disaat itulah nyamuk akan tertarik untuk bertelur di genangan tersebut. Jika sudah ada telur nyamuk tinggal menunggu beberapa hari hingga jentik bisa di panen.

Berdasarkan pengalaman, jentik nyamuk lebih cepat tumbuh besar pada wadah dengan permukaan yang lebar. Kemungkinan mempermudah jentik untuk ke permukaan mengambil udara. Selain itu wadah berwarna gelap membuat pertumbuhan lebih cepat. Jumlah potongan sayuran juga jangan terlalu banyak.

Mungkin pada wadah yang lebih gelap membuat perkembangan jasad renik infusoria lebih cepat dan banyak. Sehingga jentik nyamuk lebih banyak pakannya.

Agar nyamuk tak bertambah banyak di lingkungan rumah, perkembangan jentik harus di amati terus. Jika sudah besar-besar bisa di berikan pada cupang. Jika ada jentik yang telah berubah menjadi larva yang bentuknya seperti udang kecil, tanda wadah harus segera di kosongkan atau larva jentik tersebut di ambil secara kolektif.

Berikut video tahapan berternak Jentik:


Dengan demikian populasi nyamuk lebih terkontrol dan pakan ikan cupang selalu tersedia.

Selamat mencoba .....
Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)