Ilmu jika tak di Ulang dan di Amalkan akan lupa

Pernah tidak mengalami suatu pelajaran di sekolah atau kampus yang sudah terlewat tak ada yang kita ingat lagi. Tentu pernah dong. Lupa adalah hal yang manusiawi, dan kita memang membutuhkannya terkadang. Lantas bagaimana biar ilmu yang kita miliki tak cepat lupa?
Sumber gambar: Belitung.tribunnews.com

Penyebab dasar kita bisa melupakan sesuatu adalah kita merasa ingatan atau ilmu itu sudah tak lagi kita butuhkan. Otak kita berusaha untuk selalu memilah dan memilih mana ingatan yang perlu di pertahankan, dan mana yang perlu di buang. Kalau pernah nonton film animasi inside out, ilustrasi di film tersebut cukup menarik.

Ternyata suatu ilmu atau ingatan jika kita merasa tak penting maka secara perlahan namun pasti ilmu / ingatan tersebut akan menghilang. Oleh karenanya kita memerlukan pengulangan. Pengulangan yang di lakukan tak perlu lama, namun intensitasnya sering.

Yang bisa kita lakukan untuk mengupayakan suatu ilmu / ingatan yaitu:

  • Melakukan pengulangan yang kontinyu atau berlanjut. Bisa dengan membaca ulang, menonton ulang, memperagakan ulang dst.
  • Membuat catatan atau jurnal harian sangat membantu. Sewaktu-waktu kita bisa membacanya ulang dan kita bisa mengingat kembali
  • Mempraktikannya dan mengamalkan apa yang telah di pelajari.
  • Sering berbagi dan mengajarkan ilmu yang telah dipelajari. Semakin sering kita berbagi semakin kuat ingatan kita terhadap ilmu tersebut. Berbagi ilmu sebenarnya ibarat kita melakukan pengulangan.
  • Berdoa. Memohon kepada Allah untuk di berikan pemahaman dan ingatan yang kuat terhadap suatu ilmu yang diinginkan.
Ada penelitian yang pernah penulis baca, tapi lupa detailnya. Yang intinya orang yang sudah mengamalkan ilmunya dalam keseharian tentu persentase untuk ingatan terhadap ilmu tersebut bisa dikatakan sangat besar. Berbeda pada orang yang hanya membaca, menulis atau berbicara terhadap suatu ilmu, tentu persentase ilmu yang melekat di otak lebih kecil dari yang telah mengamalkannya.

Kesimpulannya ilmu akan semakin melekat apabila kita merasa ilmu itu penting, kita sering melakukan pengulangan dan meramalkan ilmu tersebut dalam keseharian.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)