Karakter baik atau akhlak seseorang sangat mempengaruhi penilaian dalam berinteraksi. Jika kita orang yang sering bohong, tentu kita kan tak di percaya dan di cap pembohong. Tuh kan penting banget menjaga akhlak diri selalu baik.
Sumber gambar: master pendidikan.com

Akhlak yang baik adalah hal yang paling mudah di nilai saat berinteraksi dengan sesama. Bagaimana dalam berkata-kata, bersikap, atau menjalani aktifitas dalam keseharian.

Orang yang memiliki akhlak yang baik cenderung lebih disenangi oleh masyarakat. Jika dipercaya amanah, berkata jujur dan baik, tanggung jawab dalam mengemban tugas. Nilai positif ini merupakan nilai dasar yang seharusnya dimiliki untuk seseorang yang ingin memiliki akhlak yang baik.

Untuk memiliki akhlak yang baik ada beberapa hal yang bisa kita coba usahakan:

  • Pilih lingkungan hidup yang baik, dari teman, sekolah, masyarakat tempat tinggal, dst.
  • Pendidikan nilai-nilai atau aturan di lingkungan keluarga oleh orang tua.
  • Membaca buku-buku yang membahas pengembangan diri, attitude positif, dst.
  • Mempelajari nilai-nilai agama dan mengamalkannya dalam keseharian.
  • Memperbaiki dan mengevaluasi diri atas kekurangan dan kesalahan yang pernah di lakukan.
Akhlak yang baik bukanlah sesuatu yang langsung dan tiba-tiba di peroleh. Pendidikan orang tua di rumah sejak dini tangan berpengaruh bagi seseorang saat dewasa. Tak lupa pengaruh teman sepermainan, teman sekolah atau masyarakat sekitar bisa juga mempengaruhi akhlak seseorang.

Perlu latihan dan niatan yang berlanjut dan terjaga. Jangan hanya semangat di awal, atau muncul dan hilang. Tak mudah bagi sebagian orang, namun jika kita mengirimkan ya sudah tentu perjuangan nya akan memperoleh hasil.

Tidak ada ruginya seseoramg  memiliki akhlak yang baik. Orang yang berakhlak baik amat mudah di terima masyarakat dimana pun ia berada. 

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)