Mengatasi Tenggorokan Meradang dan Gatal

Tenggorokan adalah saluran makanan, minuman dan udara. Biasanya gangguan yang sering kita rasakan adalah tenggorokan yang meradang, dan gatal. Kalau sudah terserang ini terkadang kita merasa sakit saat menelan, tak enak makan, minum bahkan tak enak berbicara.
Sumber gambar: Lifebuoy.co.id
Penyebab radang tenggorokan biasanya bermacam-macam, dari makanan atau faktor terserang virus influenza. 

Makanan yang bisa membuat tenggorokan meradang biasanya berupa makanan berminyak, gurih, manis dan pedas. Selain itu makanan atau minuman dingin juga bisa membuat tenggorokan meradang.

Contoh makanan dan minuman penyebab radang tenggorokan: kerupuk, Snack gurih-gurih, gorengan, makanan berminyak dan pedas, es cream, permen manis, dll.

Pengaruh musim juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Pada musim dingin, dan penghujan biasanya banyak orang terserang radang tenggorokan, ada kemungkinan cuaca yang lembab menyebabkan virus influenza lebih mudah menyebar.

Kita ketahui radang tenggorokan terkadang mengganggu aktifitas harian kita. Dari batuk yang tak tertahankan, yang terkadang membangunkan kita saat tidur, suara yang rusak/ serak, saluran nafas terganggu di karenakan cairan atau dahak yang menumpuk berkisar jalur tenggorokan dan hidung.

Dari beberapa penyebab di atas ada hal yang bisa kita usahakan untuk mengurangi radang tenggorokan atau mempercepat proses penyembuhan. Berikut hal yang bisa di coba:
  • Menghindari makanan dan minuman penyebab radang tenggorokan. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hindari makanan/ minuman yang gurih, manis, pedas, berminyak dan dingin.
  • Cara alami mengurangi radang, coba minum air hangat lebih sering dan rutin. Siapkan air hangat minum secara perlahan, sedikit-sedikit dan sering. Air hangat membuat radang lebih berkurang.
  • Makan jeruk atau buat perasan jeruk. Biasanya jeruk yang di gunakan adalah jeruk nipis. Kemungkinan karena kandungan vitamin C yang tinggi membantu proses penyembuhan. Minuman jeruk hangat sepertinya akan lebih cepat mengurangi peradangan.
  • Manfaatkan obat radang, obat batuk di apotik atau toko terdekat. Bisa minta saran di apotik atau jika sudah tahu obat yang biasa di gunakan tinggal beli di tempat terdekat. Permen anti radang seperti strepsill bisa di beli di toko retail terdekat.
  • Istirahat yang cukup. Tidur yang nyenyak dan berkualitas, tentukan berdampak baik bagi proses penyembuhan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Jika radang sampai membuat sakit menelan, suara menjadi serak, usahakan untuk mengurangi berbicara. Cona Istirahatkan tenggorokan dari segala hal yang memberatkannya, banyak berbicara atau berbicara lantang.
  • Selalu berusaha menjaga kebersihan mulut. Baik dengan rajin menggosok gigi dan lidah, atau berkumur dengan cairan pembersih mulut.
  • Kalau terlalu parah dan tak bisa tertangani sendiri, amat baik jika berkonsultasi dengan dokter terdekat.
Ada baiknya kita selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit termasuk radang tenggorokan ini. Olahraga cukup, tidur cukup dan berkualitas, makan dan minum yang seimbang dan sehat. Dengan demikian daya tahan tubuh akan kuat untuk mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit.

Selamat mencoba....

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)