Jangan Bangga dengan Banyaknya Teman

Bismillahirrahmanirrahim.
Memiliki banyak teman adalah keinginan sebagian orang. Terkadang kita merasa bangga memiliki banyak teman dan kenalan. Merasa banyak yang menolong, banyak yang membantu. Tapi apakah benar demikian?
Sumber gambar: dedenhendrayana.com

Setiap orang pasti membutuhkan teman atau sahabat, walau pun ia adalah seseorang yang tertutup. Karena sifat dasar seseorang manusia adalah makhluk sosial, yang membutuhkan interaksi dengan orang lain.

Tapi kita perlu sadar, teman adalah cerminan jiwa seseorang. Jika orang yang baik, pasti akan nyaman untuk berkumpul dengan orang yang baik, dan sebaliknya. Setiap jiwa akan berkumpul dengan jiwa lain yang memiliki kesamaan.

Perlu kita ingat pula, teman dapat mempengaruhi seseorang. Entah itu membuat seseorang jadi lebih baik, atau malah memperburuk akhlak seseorang. Ada dua kemungkinan kita di pengaruhi teman atau kita yang mempengaruhi teman. Diwarnai atau mewarnai.

Beberpa sebab tersebutlah kita harus memperhatikan dengan siapa kita berteman. Jangan sampai kita malah menyesal di kemudian hari karena salah memilih teman.

Jangan pernah bangga dengan banyaknya jumlah teman yang kita miliki. Karena belum tentu semua teman kita tersebut ikhlas dalam menjalin persahabatan atau pertemanan. Belum tentu di saat kita susah, dalam masalah atau berada di posisi bawah mereka akan membantu. Bisa saja mereka saat ini mereka mau berteman dengan kita karena kita memiliki posisi, memiliki harta, dst.

Yang terbaik niatkan berteman untuk mencari ridho Allah Subhanahuwataalla. Jika niatnya lurus ikhlas, InsyaAllah akan dimudahkan dalam memilih teman dan mengurangi efek buruk dari teman. Niatkan bertemu karena Allah dan berpisah pun karena Allah.

Jangan sampai di akhirat kelak kita menyesal berteman dengan si Fulan. Karena si Fulan telah mengajaknya ke jalan yang salah.

Kita hanya bisa berusaha menjaga, milih pergaulan teman yang baik. Tapi jangan melupakan doa kepada Allah, agar diberi kemudahan, petunjuk dan kekuatan dalam memilih pertemanan ini.

Teman yang baik akan mengajak kepada kebaikan, apalagi kebaikan itu jika mendapat ridho Allah Subhanahuwataalla. Sudah tentu mengajak pada kebaikan dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)